TPA Regional Banjarbakula Siap Dioperasikan November 2018 Nanti

0

TEMPAT Pembuangan Akhir (TPA) Regional Banjarbakula di kawasan Gunung Kupang, Banjarbaru, ditarget rampung dan dapat diserahterimakan dari Kementerian Lingkungan Hidup kepada Pemprov Kalsel pada November 2018 nanti.

TPA di lahan seluas 33 hektare dan berkapasitas 275 ribu ton/hari itu, bisa dioperasionalkan lima kabupaten dan kota yang termasuk dalam Banjarbakula.

“Pembangunan infrastruktur dan sarana TPA sudah rampung, tinggal menunggu kesepakatan soal hitungan kontribusi masing-masing pengguna yang dimotori biro pemerintahan” ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kalsel HM Ikhlas Indar.

Pengguna TPA tersebut adalah kabupaten/kota yang termasuk dalam Banjarbakula, yakni Banjarmasin, Kabupaten Batola, Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar, dan Kabupaten Tanah Laut.

Dalam pemanfaatannya, ke lima kabupaten/kota diikat dalam perjanjian kerjasama, salah satunya poinnya wajib membayar sesuai penggunaan berdasarkan volume daerah masing-masing.

“Secara prinsip, semuanya sudah sepakat. Namun, Banjarmasin dan Banjarbaru masih nego soal hitungannya, jadi masih menunggu kesepakatannya, karena itu salah satu syarat untuk bisa diserahterimakan,” katanya.

Pembangunan TPA itu menghabiskan dana sekitar Rp 150 miliar, pembangunannya oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, sementara DLH Kalsel akan menjadi pengguna proyek tersebut setelah diserahterimakan.(jejakrekam)

Penulis Ipik Gandamana
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.