Spanduk Penolakan Sempat Bertebaran di Kotabaru, Yusril akan Hadiri Halal Bihalal Sebuku Group

0

RENCANA kedatangan Prof Dr Yusril Ihza Mahendra yang merupakan pengacara Sebuku Group saat berperkara dengan Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor dalam pencabutan izin usaha pertambangan operasi produksi (IUP-OP) hingga memenangkannya di PTUN Banjarmasin, belakangan marak di Kotabaru.

BEBERAPA spanduk terpasang di beberapa pusat keramaian di Kotabaru, Selasa (3/7/2018). Sebelum diturunkan Satpol PP Pemkab Kotabaru, sedikitnya ada lima titik pemasangan spanduk penolakan kehadiran Yusril Ihza Mahendra yang juga Ketua Umum DPP Partai Bulan Bintang (PBB) itu. Seperti di perempatan lampu merah Irama Jalan Veteran Km1, di depan Gedung PMI, GOR Kotabaru serta di Bandara Gusti Syamsir Alam Kotabaru, serta di kawasan SMP Negeri 1 Kotabaru.

Bahkan seperti dirilis Media Indonesia.com, Ketua Dewan Adat Dayak Kotabaru, Sugian Noor pun mengakui adanya spanduk yang dipasang masyarakat terhadap kedatangan Yusril Ihza Mahendra yang dinilai mendukung aktivitas pertambangan di Pulau Laut. Ini dikarenakan, kontur Pulau Laut yang merupakan pulau kecil sangat rawan banjir dan terjadinya kerusakan lingkungan, jika ditambang.

Namun, begitu menjelang sore, lima spanduk dicopot petugas Satpol PP Kotabaru yang langsung dipimpin Kasi Opstib dan Kabid Trantibum, Selasa (3/7/2018) karena dianggap tanpa izin serta sang pemasang pun tidak jelas. Dalam spanduk itu, foto wajah Yusril disilang dengan tanda kali merah.

Kepada jejakrekam.com, Selasa (3/7/2018) malam, Plt Kepaal Satpol PP Kotabaru Fathan Noor melalui stafnya, Syaiful mengakui telah diperintahkan untuk melepas spanduk penolakan Yusril Ihza Mahendra. “Semua spanduk itu sudah dilepas. Ini berdasarkan perintah dari Asisten II Pemkab Kotabaru. Beliau tak menginginkan terjadi apa-apa yang mengenakkan di Kotabaru. Makanya, spanduk itu akhirnya kami copot,” ucapnya.

Sementara itu, berdasar agenda kehadiran Yusril Ihza Mahendra ke Kotabaru ini untuk memenuhi undangan dari Sebuku Group dalam acara halal bihalal bersama masyarakat Pulau Laut, karena masih dalam suasana Lebaran Idul Fitri 1439 Hijriyah.

Ada dua tempat yang akan didatangi Yusril Ihza Mahendra pada Jumat (6/7/2018), yakni di Gedung Basket Indoor Saijaan, Jalan Yakut (depan Kodim Kotabaru) pukul 14.30-17.30 Wita. Di tempat ini, mantan Menteri Kehakiman era Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) ini akan memberikan tausyiah, kemudian dilanjutkan pada malam harinya dalam acara ramah ramah di Hotel Grand Surya Kotabaru, pukul 18.00-20.00 Wita. (jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.