Ini SMPN di Banjarmasin yang Minim Kouta, 1.188 Calon Siswa Diarahkan ke Sekolah Swasta

0

PENERIMAAN peserta didik baru (PPDB) online tahun ajaran 2018-2019 di SMP Negeri yang ada di Banjarmasin, telah tercantum sebanyak 8.604 peserta didik baru. Sementara, daya tampung atau kuota tersedia hanya 6.480 peserta didik baru, sehingga ada sebanyak 2.214 calon siswa yang tak tertampung.

FORMULASINYA, dari total calon siswa baru itu, sebanyak 936 peserta didik akan disalurkan ke sekolah negeri lainnya. Ini berarti, tersisa ada 1.188 peserta didik yang tidak tertampung.

Lantas dikemanakan mereka? Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin, Totok Agus Daryanto mengungkapkan sekolah swasta pun bisa menampung 1.188 peserta didik tersebut. “Kalau tidak di sana, mungkin saja orangtuanya menyekolahkan anak ke tempat pendidikan yang berbasis agama seperti pesantren,” kata Totok Agus Daryanto kepada wartawan di Banjarmasin, Rabu (4/7/2018).

Dia menegaskan, tugas dari Dinas Pendidikan hanya merekomendasikan dan tidak memaksa para orangtua untuk menyekolahkan anaknya di sekolah yang disarankan. Namun, dari rekomendasi Disdik ini diusahakan di tempat terdekat para siswa.

“Dari sistem yang ada kami analisis, mana zona yang terdekat, makanya akan kami arahkan kepada sekolah yang terdekat, selama masih bisa ditampung. Selanjutnya orangtua mengambil atau tidak, tentu saja itu bukan kewenangan kami lagi,” ungkap Totok.

Mantan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten HSS ini mengatakan pihaknya punya kewajiban untuk menyalurkan kelebihan peserta pendidik itu ke sekolah yang masih mempunyai daya tampung.

Dijelaskan Totok, sesuai rapat hasil di dinasnya pada Rabu (4/7/2018) bahwa tahun ini, terutama di lingkungan Banjarmasin, tidak akan menambah ruang kelas baru. “Surat edaran ini sudah disebar ke sekolah. Seharusnya ruang kelas yang tidak dimungkinkan dipaksakan, misalnya dengan menggunakan mushala atau laboratorium. Itu sudah ada edarannya,” tegas Totok.

Dia juga menyikapi ada beberapa sekolah dalam PPDB 2018 ini justru menggunakan ruang guru, perpustakaan dan lainnya sebagai tempat belajar mengajar saat menerima siswa baru tahun ajaran 2018-2019.

Inilah sekolah di Banjarmasin yang masih kekurangan daya tampung (kuota) adalah:

SMPN 13 = 96 peserta didik baru

SMPN 16 = 67 peserta didik baru

SMPN 17 = 82 peserta didik baru

SMPN 18 = 76 peserta didik baru

SMPN 22 = 131 peserta didik baru

SMPN 28 = 231 peserta didik baru

SMPN 29 = 64 peserta didik baru

SMPN 32 = 93 peserta didik baru

SMPN 34 = 95 peserta didik baru

Total = 936 peserta didik baru.(jejakrekam)

 

Penulis Arpawi
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.