Sering Bolos dan Rapat Tak Pernah Kuorum, Ketua DPRD Banjar H Rusli Geram

KETUA DPRD Banjar H Rusli tak bisa lagi menyembunyikan kekecewaannya. Dia terlihat geram, gara-gara rapat paripurna di DPRD Banjar seringkali batal, akibat ulah sebagian anggota dewan yang bolos hingga tak memenuhi kuorum dalam pengambilan keputusan.

“INI dari pihak eksekutif, bupati dan kepala SKPD sudah lengkap hadir, tapi anggota legislatif banyak yang absen. Ini sudah tidak benar, dan nanti yang disalahkan pasti DPRD Banjar. Padahal rapat paripurna sangat penting untuk pengambilan putusan,” ujar politisi Partai Golkar sambil geleng-geleng kepala kepada wartawan di Martapura, Selasa (3/6/2018).

Terkait masalah ini, Ketua DPRD Banjar mengembalikan kepada masyarakat calon pemilih pada Pemilu 2019 untuk memilih atau tidak terhadap anggota dewan yang suka bolos. Terutama, mereka yang tidak menjalankan tugas pokoknya sebagai wakil rakyat.

Hal senada juga disampaikan H Jum’ani. Anggota DPRD Banjar yang mengaku turut prihatin atas gagalnya terlaksananya rapat paripurna dalam pengambilan keputusan. Menurut Juma’ani, kalau dirinya secara pribadi tentu tidak akan mencalonkan diri lagi, apabila sering tidak dapat hadir dalam menjalankan tugas perwakilan di gedung dewan.

“Sebab rapat paripurna merupakan salah satu kewajiban yang harus anggota dewan laksnakan,” kata legislator PKS ini. “Saya pribadi kalau sering bolos, maka akan mrngundurkan diri dan tidak mencalonkan diri lagi pada pemilu berikutnya, karena saya malu,” sahut Jum’ani lagi.(jejakrekam)

Penulis Syahminan
Editor Didi G Sanusi