Di Usia ke-16 Tahun, Bersama Daerah Lain, Pulang Pisau Siap Wujudkan Kalteng Berkah

0

BERPISAH dari kabupaten induknya, Kabupaten Kapuas, lahir kabupaten baru hasil pemekaran bernama Kabupaten Pulang Pisau. Ini ditandai dengan diresmikannya Kabupaten Pulau Pisau bersama 18 kabupaten dan tiga kota di 10 provinsi, termasuk 8 kabupaten baru di Provinsi Kalimantan Selatan oleh Mendagri Hari Sabarno atas nama Presiden RI Megawati Soekarno Putri pada 2 Juli 2002.

DALAM sejarahnya, Kabupaten Pulang Pisau termasuk dalam wilayah Dayak Besar berdasar Staatsblad van Nederlandisch Indië tahun 1849, wilayah Dayak Besar ini termasuk dalam zuid-ooster-afdeeling berdasarkan Bêsluit van den Minister van Staat, Gouverneur-Generaal van Nederlandsch-Indie, pada 27 Agustus 1849.  Penuntutan pemekaran kabupaten yang bersemboyan Handep Hapakat ini juga diperkuat dengan Keputusan DPRD Kalteng Nomor 8 Tahun 2000 pada 31 Juli 1999.

Kini, Kabupaten Pulang Pisau yang memiliki luas wilayah 8.997 kilometer per segi dengan jumlah penduduk berdasar Sensus 2010, mencapai 120.062 jiwa, telah memasuki usia ke-16 yang diperingati pada Senin (2/7/2018). Bertempat di halaman Kantor Bupati Pulang Pisau, Jalan Trans Kalimantan Km 86, Kelurahan Bereng, Bupati Pulang Pisau H Edy Pratowo memastikan akan terus melanjutkan pembangunan, usai terpilih kembali dalam Pilkada 2018.

Dalam sambutan Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran yang dibacakan Bupati Pulang Pisau H Edy Pratowo mengatakan semoga Kabupaten Pulang Pisau selalu mengedepankan akuntabilitas dan kredibel dalam kepemerintahan yang nantinya akan mewujudkan Kalteng Berkah serta menjadikan Indonesia lebih jaya pada umumnya.

Pada peringatan Hari Jadi Kabupaten Pulang Pisau ke-16 pada Senin (2/7/2018) ini dihadiri Asisten II Setda Provinsi Kalimantan Tengah H Nurul Edy selaku perwakilan Gubernur Kalimantan Tengah, bupati/ wakil bupati serta perwakilan dari 13 kabupaten/ kota di Kalimantan Tengah.

Sementara itu, Bupati Barito Utara H Nadalsyah menyampaikan selamat atas hari jadi Kabupaten Pulang Pisau. Dia berdoa semoga melalui kepemimpinan Bupati Pulang Pisau, H. Edy Pratowo bersama Wakil Bupati Pujirustaty Narang ke depan Kabupaten Pulang Pisau menjadi lebih baik lagi.

Menjawab ucapan, Bupati Pulang Pisau H Edy Pratowo mengatakan akan terus menjalin silaturahmi dengan kabupaten dan kota yang ada di Kalteng. “Ini sesuai tema yang kami ingin menjadikan kabupaten sebagai Bumi Handep Hapakat (Handal, Terdepan, Harmonis, Partisipatif dan Mufakat),” ucapnya.(jejakrekam)

 

Penulis Syarbani
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.