Jalani Tes Kebugaran, CJH asal Barito Utara Harus Berjalan 1,6 Kilometer

0

SETELAH melaksanakan manasik, calon jamaah haji asal Barito Utara mengikuti tahapan tes kebugaran dengan berlari kecil sejauh 1,6 km. Kegiatan ini sendiri dilepas Sekda Kabupaten Barut, Jainal Abidin, Sabtu (30/6/2018).

PELAKSANA tugas, Kepala Dinas Kesehatan Barito Utara,  Siswandoyo mengatakan,  seluruh calon jemaah yang berjumlah 169 orang telah dilakukan cek fisik dengan melakukan senam dan juga tes napas.

Menurutnya, kegiatan tes kebugaran merupakan rangkaian pemeriksaan kesehatan bagi seluruh jemaah haji. Hal ini,  agar setiap jemaah selalu sehat saat menjalankan ibadah di tanah suci Mekkah.

Selain senam, kata dia, tes kebugaran juga dengan lari dimana jarak tempuh kurang lebih 1,6 kilometer. Jarak ini merupakan sama halnya dengan saat melaksanakan rukun haji. “Dengan tes  kebugaran ini diharapkan berdampak pada kesehatan saat melaksanakan ibadah haji,” jelasnya.

Selain itu, lanjut Siswandoyo,  seluruh calon jemaah juga diberikan vaksin melalui suntikan dan ini sudah dilakukan sebelumnya. Karenanya dengan beberapa rangkaian ini seluruh jemaah dalam kondisi sehat.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.