Kabupaten dan Kota di Kalsel Diminta Fokus Kembangkan Sektor Pariwisata

0

SELURUH kabupaten dan kota di Kalsel diminta terus meningkatkan potensi pariwisata agar mampu menggaet satu juta wisatawan pada 2019 mendatang.

SEKTOR pariwisata merupakan salah satu program prioritas Pemprov Kalsel yang dinilai berpeluang untuk mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD) jika bisa dikembangkan secara terstruktur, seperti peningkatan sarana infrastrukturnya maupun pengelolaan serta penambahan destinasi wisata baru yang potensial banyak tersebar di Kalsel ini.

“Ini sudah menjadi komitmen Pemprov Kalsel dan kita bersama harus bekerja keras memperjuangkannya agar terwujud,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Kalsel Heriansyah di Banjarmasin, Jumat (29/6/2018).

Kendati objek-objek wisata banyak tersebar di kabupaten atau kota, namun salah satu bentuk dukungan provinsi adalah melalui promosi-promosi hingga keluar daerah, baik secara berkala melalui program rutin, seperti Meeting, Incentive, Conference, Exhibition (MICE) yang digelar secara periodik, maupun pada even nasional yang di gelar secara bergilir oleh provinsi lain.

Kemudian, bentuk dukungan sarana fisik seperti infrastruktur sebut dia, kabupaten atau kota yang membutuhkan dapat mengajukan usulan kepihaknya yang nantinya akan diteruskan ke Dinas Pekerjaan Umum (PU).

“Kalau kabupaten atau kota membutuhkan sokongan untuk membangun fasilitas wisata, bisa mengusulkan agar dibangunkan oleh Dinas PU, karena Dinas Pariwisata tidak memiliki anggarannya,” kata Heriansyah.

Heriansyah membeberkan, total kunjungan wisatawan ke Kalsel pada 2017 lalu mencapai 700 ribu orang, termasuk kunjungan wisatawan mancanegara sebanyak 27 ribu orang, dan di 2018 ini ditarget hingga 30 ribu orang.

Destinasi wisata yang ditawarkan, seperti wisata religi di Kalampayan, Sekumpul, serta wisata alam di Riam Kanan, Loksado, kemudian Mappanretasi di Tanbu, Pantai Takisung, Tukaran Kiri, Swarangan, Takisung di Tanah Laut, Pulau Angsana, Teluk Tamiang, Pantai Gadambaan di Kotabaru, dan lainnya.(jejakrekam)

Penulis Ipik Gandamana
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.