Dukung Program Nasional, Pemkot Banjarmasin Kembali Resmikan Kampung KB di Basirih Selatan

MENINGKATKAN kualitas hidup masyarakat dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas menjadi salah satu tujuan dari kehadiran Kampung KB.

KAMPUNG KB merupakan program nasional yang dicanangkan Presiden RI Joko Widodo pada 14 Januari 2016. Namun dalam realisasinya, Banjarmasin berinisiatif memadukan programnya menjadi Kampung KB – Kampung Baiman,” kata Walikota Banjarmasin Ibnu Sina usai pencanangan Kampung KB-Kampung Baiman di Kelurahan Basirih Selatan, Kecamatan Banjarmasin Selatan, Selasa (26/6/2018).

Mantan anggota DPRD Kalsel ini mengatakan, Kampung KB ini relatifnya mengarah kepada program keluarga berencana. Beda halnya Kampung Baiman, yang sifatnya pendekatan pembangunan kota Banjarmasin dengan mengintegrasikan seluruh lintas dinas ataupun SKPD untuk mendatangi satu kampung agar terasa betul pembangunannya.

“Kalau program KB ini kan seperti sosialisasi dan Posyandu. Nah, untuk Kampung Baiman ini kelebihannya adalah keterpaduan untuk pembangunan bidang infrastruktur, makanya PUPR turut hadir,” katanya.

Namun, mantan Ketua DPW PKS Kalsel ini mengatakan yang lebih menonjol dari Kampung KB – Kampung Baiman adalah tertib administrasi kependudukan yang mendapat dukungan dari Lurah, RT, dan RW untuk mendukung program akta kelahiran gratis. Kemudian dukungan program yang menjadi target nasional yakni KIA (Kartu Identitas Anak).

Ibnu menjelaskan, peresmian hari ini, di kawasan Kelurahan Basirih Selatan, Kecamatan Banjarmasin Selatan merupakan yang kedelapan kalinya. Ditahun 2016 ada enam kampung yang diresmikan, termasuk di Kelurahan Sungai Jingah. Kemudian di 2018 ini ada dua tempat, yaitu di Alalak Selatan dan Basirih Selatan.

Ibnu menargetkan di 2018 ini ada lima wilayah yang akan dijadikan sebagai Kampung KB -Kampung Baiman. Ia menjelaskan, pada  2017 secara nasional Banjarmasin minimal ada satu Kampung KB – Kampung Baiman dimasing-masing kecamatan. “Targetnya paling tidak separo dari wilayah Banjarmasin sampai 2020 mendatang. Sehingga betul-betul berasa pembangunannya,” kata Ibnu.(jejakrekam)

Penulis Arpawi
Editor Fahriza
Anda mungkin juga berminat
Loading...