Ingin Jadi Anggota Bawaslu se-Kalsel, Ini Jadwal dan Prosedurnya

0

BAGI Anda yang berminat untuk menjadi anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) yang ada di 12 kabupaten dan dua kota di Kalimantan Selatan, bisa mempersiapkan diri, termasuk berkas-berkas yang diperlukan.

SESUAI agenda, masa pendaftaran seleksi calon anggota Bawaslu se-Kalsel dimulai pada 28 Juni-4 Juni 2018, para peminat bisa mengantarkan berkas ke Sekretariat Bawaslu Kalsel atau lewat perwakilan Panwaslu yang ada di masing-masing kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan.

Dalam siaran pers yang diterima redaksi jejakrekam.com, Sabtu (23/6/2018), tim seleksi yang diketuai Dr Ani Cahyadi Maseri, Dr Mahyuni, Hj Yusana Zaidah, dan Mariatul Asiah menjelaskan proses seleksi calon anggota Bawaslu se-Kalsel periode 2018-2023 dibagi dalam dua wilayah.

Yakni, timsel wilayah 1 menangani tujuh daerah yakni Kabupaten Banjar, Tapin, Hulu Sungai Selatan (HSS), Hulu Sungai Tengah (HST), Hulu Sungai Utara (HSU), Balangan dan Tabalong. Sedangkan, wilayah 2 meliputi proses penjaringan di enam daerah, yaitu Kota Banjarmasin, Banjarbaru, Kabupaten Barito Kuala, Tanah Laut, Tanah Bumbu, dan Kotabaru.

“Kami mengundang putra-putri terbaik di wilayah Kalsel untuk berpartisipasi dalam ikhtiar memperkuat demokrasi elektoral Indonesia dengan menjadi anggota Bawaslu kabupaten dan kota di Kalsel,” ucap Ani Cahyadi Maseri.

Dia menjelaskan dua kategori yang menjadi peserta seleksi yakni existing yang merupakan anggota Panwaslu kabupaten  dan kota yang aktif, serta peserta atau pendaftar baru.

“Khusus mekanisme dari kedua kategori itu berbeda, setelah melewati seleksi administratif, psikologi dan kesehatan, bagi peserta existing akan dievaluasi langsung Bawaslu Republik Indonesia. Sedangkan untuk peserta baru akan melalui mekanisme seleksi, seperti seleksi administratif, tes tertulis menggunakan computer assisted test (CAT), tes psikologi, kesehatan dan wawancara,” tutur dosen UIN Antasari Banjarmasin ini.

Secara bertahap dimulai dengan masa pendaftaran pada 28 Juni-4 Juli 2018, masa perbaikan berkas dan dokumen pelengkap dari 4-6 Juli 2018. “Tim seleksi akan melakukan pemeriksaan keabsahan berkas dan dokumen pelengkap dari 28 Juni-9 Juni 2018. Untuk hasil seleksi administrasi akan diumumkan pada 11 Juli 2018,” ucap Ani Cahyadi.

Dia mengungkapkan untuk kejelasan syarat dan kelengkapan berkas administrasi yang diajukan para calon, bisa mengunduh melalui laman kalsel.bawaslu.go.id. (jejakrekam)

 

Penulis Ipik Gandamana
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.