Tingkatkan Pembangunan Ekonomi di Daerah Melalui Karang Taruna Mandiri

0

AGAR dapat berkontribusi dalam pembangunan ekonomi, maka peran dari karang taruna sangat diperlukan. Salah satu langkah kongkrit yang dapat dilakukan adalah dengan mendorong hadirnya karang taruna mandiri.

“MELALUI program karang taruna mandiri, kita ingin para pemuda yang ada di desa ikut memikirkan potensi ekonomi apa yang cocok dikembangkan di desa mereka. Kalau perlu kita libatkan pemuda dari perguruan tinggi berkolaborasi untuk memberi ide hingga solusi,” Kata Ketua Karang Taruna Kabupaten Banjar, Fahrani disela kegiatan silaturahmi bersama ratusan kader Karang Taruna se-Kabupaten Banjar belum lama tadi.

Bukan hanya melihat potensi, kata dia, melalui program karang taruna mandiri diharapkannya para pemuda bisa membentuk sebuah kelompok kerja untuk bisa mulai mengerjakan potensi ekonomi tersebut agar bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

“Nantinya agar program ini bisa jalan, kita akan menggandeng pihak swasta dan pemerintah daerah. Itu supaya potensi yang sudah dipetekan tidak hanya jadi sekedar konsep, namun bisa langsung untuk dijalankan,” tambahnya.

Selama ini, kata dia, peran pemuda di Kabupaten Banjar dalam membantu pengembangan ekonomi desa masih sangat minim. Bahkan, pemuda desa yang menempuh pendidikan kota setelah lulus enggan untuk kembali ke desanya untuk bisa membangun kampung.

“Mindset ini harus kita rubah melalui program karang taruna mandiri. Kita ingin pemuda desa bisa menjadi penggerak utama pembangunan ekonomi desa. Kalau ekonomi di desa bisa maju, tentu taraf kesejahteraan masyarakat desa bisa ditingkatkan,” harapnya.

Selain program karang taruna mandiri, Fahrani di masa kepemimpinannya juga akan fokus melakukan kaderisasi anggota karang taruna hingga ke tingkat terbawah. Kaderisasi diharapkan mampu membawa semangat perubahan baru bagi organisasi karang taruna yang selama ini dianggap kurang aktif berkegiataan serta melakukan pembinaan terhadap pemuda.

“Nanti kita juga akan gagas program karang taruna peduli sosial. Melalui program ini kita ingin bisa turut membantu masyarakat miskin, orang sakit hingga mereka yang membutuhkan di desa dengan donasi yang rutin dikumpulkan anggota karang taruna,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Husaini
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.