Sejak Ramadhan hingga Lebaran, Harga Ayam Potong Terus Merangkak Naik

0

HARGA ayam potong terus merangkat naik dari harga Rp 25 ribu per kilogram sebelum bulan Ramadhan, namun kini memasuki lebaran Idul Fitri hari ke-4 telah berada di kisaran Rp 33 ribu per kilogram. Sebagian besar pemilik warung makan dan para ibu rumah tangga, cukup mengeluhkan dengan naiknya harga ayam potong.

MAISARAH, misalnya, salah seorang pedagang ayam potong di Pasar Sungai Tabuk mengakui kenaikan ini sudah mulai terjadi ketika memasuki bulan Ramadhan 1439 H, hingga naiknya secara bertahap, dan sebelum lebaran harga berada Rp 28 ribu per kilogram.

“Menjelang lebaran, kami langsung beli dari kandang dan harganya tetap naik, yakni Rp 33 ribu per kilogram sampai sekarang,” ujar Maisarah kepada jejakrekam.com, Senin (18/6/2018).

Kenaikan harga ayam potong ini juga terjadi di pasar-pasar tradisional di Kabupaten Banjar, seperti di Pasar Gambut, Kertak Hanyar ,Pasar Jati, Sungkai dan Pasar Bauntung Batuah Martapura.

Menurut Maisarah, kenaikan harga ayam potong juga diikuti kenaikan harga ikan basah lainnya, seperti ikan patin, ikan mas dan lainnya. “Kenaikan harga juga terjadi pada jenis ikan, namun kenaikannya hanya sedikit. Yakni, sekitar seribu sampai dua ribu rupiah per kilogram. Biasalah kalau menjelang Hari Raya atau bulan Maulid, pasti ada kenaikan seperti ini,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Syahminan
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.