Anda Puasa Sunah Syawal, Ini Masjid-Masjid di Banjarmasin yang Menyediakan Buka Puasa Bersama

BARANGSIAPA yang berpuasa Ramadhan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh.” (HR. Muslim Nomor 1164).

RAMADHAN 1439 Hijriyah baru saja berlalu. Namun, ibadah puasa tetap dilanjutkan sejumlah umat muslim di Banjarmasin. Mereka menggelar buka puasa bersama puasa sunah Syawal 1439 Hijriyah, yang telah dimulai sejak Senin, 4 Syawal hinga Sabtu, 9 Syawal 1439 Hijriyah, atau sejak 18-23 Juni 2018.

Kebersamaan untuk menjalankan sunah Rasulullah SAW yang menerangkan bahwa berpuasa enam hari di bulan Syawal, selepas Ramadhan itu sama seperti berpuasa setahun penuh. Perhitungannya, seperti dijelaskan Imam Nawawi bahwa puasa setahun adalah kebaikan dilipatgandakan sepuluh kali. Ini berarti, puasa sebulan di Ramadhan itu sama dengan 10 bulan, sehingga untuk menggenapkannya adalah enam hari di bulan Syawal, yang berarti sama dengan dua bulan.

Rinciannya, puasa sebulan penuh Ramadhan dikalikan 10 berarti terdapat 10 bulan, ditambah 6 hari puasa sunah Syawal dikalikan 10 menjadi 60 hari atau dua bulan. Jadi, totalnya, 12 bulan atau setahun penuh. Di seputaran wilayah Banjarmasin, ada beberapa masjid yang menyediakan menu berbuka puasa sunah Syawal sejak Senin-Sabtu, 18-23 Juni 2018.

Masjid-masjid yang meyelenggarakan buka puasa sunah bersama itu antara lain Masjid Al Jihad di Jalan Cempaka, Masjid Al Muhajirin di Jalan HKSN, Masjid Ar Rahman Jalan Kampung Melayu, Masjid Al Mujahidin di Jalan Belitung, Masji Ar-Rahim Jalan Sultan Adam, Masjid Hasanuddin Majedi di Jalan Brigjen H Hasan Basry (Bundaran Kayutangi), Masjid At-Tanwir di Jalan Sultan Adam dekat Komplek Malkon Temon, Masjid Ar-Rahmah Sei Andai di Jalan Padat Karya, Jalan Al-Haq di Jalan Benua Anyar, Masjid Hasbunalloh Wani’mal Wakil Jalan Pangeran Antasari Gang Hasanuddin, Jalan Muhlisin di Jalan Manggis Gang Mangga, belakang Mako Polresta Banjarmasin, dan Masjid Ami Abdullah Jalan Achmad Yani Km 8, Komplek Persada Mas.

Iklan Samping 300×250

“Khusus untuk Masjid Al Mujahirin, tradisi ini sudah berjalan selama tiga tahun. Biasanya, tiap hari sedikitnya ada 50 jamaah yang datang berbuka puasa sunah Syawal bersama di masjid. Sekarang, mungkin jamaah terus bertambah dan bisa ratusan orang,” ucap Bendahara Badan Pengelola Masjid Al Muhajirin, Poniran kepada wartawan, Senin (18/6/2018).

Menurut Poniran, tradisi buka puasa bersama di bulan Syawal ini dimulai pada hari keempat hingga hari kesepuluh. Ia mengucap syukur ternyata gerakan puasa sunah Syawal bersama ini mendapat sambutan hangat dari umat Islam di Banjarmasin.

“Untuk menu berbuka puasa bersama biasanya ada bubur ayam, kurma, air putih, air teh serta buah. Anggarannya tiap porsi Rp 10 ribu. Namun, biaya buka puasa ini ditanggung para dermawan, karena kami menempel di dinding masjid siapa saja yang mau menyumbang, dipersilahkan mengisi dan menyerahkan dananya,” kata Poniran.

Ia mengakui kebanyakan para jamaah yang datang berbuka puasa bersama di awal Syawal datang ke masjid, sebelum digelarnya shalat Maghrib berjamaah. “Untuk mengisi waktu, biasanya para jamaah ada yang membaca Qur’an dan kegiatan lainnya. Khusus untuk malam Minggu dan Rabu, diisi tausyiah selepas shalat Maghrib berjamaah. Semoga gerakan puasa sunah Syawal ini terus mendapat perhatian umat Islam untuk menghidupkan kembali sunah Rasulullah SAW,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor DidI GS
Anda mungkin juga berminat
Loading...

Anda Puasa Sunah Syawal, Ini Masjid-Masjid di Banjarmasin yang Menyediakan Buka Puasa Bersama