Gagal di Pemilu 2014, Chandra Bayu Siapkan Diri Rebut Satu Kursi di DPRD Kalsel

GAGAL meraih satu tiket di DPRD Provinsi Kalimantan Selatan pada Pemilu 2014 lalu, menjadi pelajaran berharga bagi Chandra Bayu. Politisi muda yang mengawali karier politik di Partai Bintang Reformasi (PBR), hijrah ke Partai Hanura, kemudian turut membidani Partai Persatuan Indonesia (Perindo), dan terakhir lompat ke Partai Golkar, sudah menyiapkan diri untuk menyongsong Pemilu 2019 mendatang.

CHANDRA Bayu yang akrab disapa Cacan ini mengaku tetap menjalin hubungan dengan basis massa, terutama saat terpilih menjadi anggota DPRD Kota Banjarmasin melalui PBR. Khususnya, di wilayah Kecamatan Banjarmasin Barat yang mampu menyumbang dua kursi di DPRD Banjarmasin pada Pemilu 2009 lalu.

“Sekarang, saya ditunjuk di DPD Partai Golkar Kalsel sebagai koordinator wilayah pemenangan Banjarmasin. Makanya, dalam menghadapi Pemilu 2019 mendatang, saya terus memperkuat basis dukungan Partai Golkar di ibukota Provinsi Kalsel ini,” ucap Cacan kepada jejakrekam.com, di sela-sela acara open house Idul Fitri di kediamannya, Sabtu (16/6/2018).

Menurut Cacan, saat Pemilu 2009 lalu, raihan suaranya di Kecamatan Banjarmasin Barat mencapai 3 ribu lebih, dan kemudian ketika jadi daftar caleg Partai Hanura di daerah pemilihan (dapil) Kalsel 1 (Banjarmasin) Pemilu 2014, bisa meraup 6 ribu suara lebih.

“Insya Allah, dalam Pemilu 2019, saya tetap memperkokoh basis massa pendukung. Ini penting, karena target Partai Golkar dalam pemilu nanti adalah tetap mempertahankan diri sebagai peraih suara terbanyak dan penyumbang kursi parlemen terbesar di Kalsel,” tutur Cacan.

Pengusaha muda ini mengatakan saat ini, pola pendekatan terhadap masyarakat, khususnya lagi pemilih pemula sangat intens dilakoni Partai Golkar. Bagi Cacan, terpenting dalam Pemilu 2019 adalah bagaimana caranya bisa menarik simpatik masyarakat terhadap partai dan para caleg yang diusung parpol untuk menuju kursi parlemen.

Ia memastikan jika mendapat kepercayaan dari Partai Golkar, akan maju sebagai caleg di dapil Banjarmasin untuk mengincar satu kursi di DPRD Kalsel. Cacan yang juga Wakil Sekretaris DPD Partai Golkar Kalsel ini mengatakan ada beberapa target dan misi yang hendak diwujudkan, jika nantinya menjadi anggota DPRD provinsi, terutama memperjuangakan pengembangan kota berikut infrastrukturnya agar setara dengan kota-kota besar di Indonesia.

“Banjarmasin sekarang fokus pada pembangunan dan penataan sungai. Itu sudah bagus, namun ada beberapa hal yang perlu kita tingkatkan lagi,” ucap Cacan.

Apakah Anda tak tertarik maju dalam pemilihan Walikota-Wakil Walikota Banjarmasin pada 2021 mendatang? Menjawab hal itu, Cacan hanya tersenyum. Menurut dia, impian untuk menjadi orang nomor satu di Balai Kota pasti diinginkan semua politisi, namun semua tergantung pada keputusan partai dan dukungan masyarakat. “Yang saya pastikan dulu adalah untuk menjadi caleg DPRD Kalsel dulu. Ini yang menjadi target politik saya,” tandasnya.(jejakrekam)

Penulis Didi GS
Editor Didi G Sanusi
Anda mungkin juga berminat
Loading...

Gagal di Pemilu 2014, Chandra Bayu Siapkan Diri Rebut Satu Kursi di DPRD Kalsel