Dua Tahun Berturut-Turut, Remaja Masjid An Nur Juarai Pawai Takbiran Idul Fitri di Tabalong

KERUKUNAN Remaja Masjid An- Nur kelurahan Jangkung kecamatan Tanjung keluar sebagai juara pertama dalam Tabalong Bertakbir yang digelar Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong, Kamis, (14/6/2018) malam. Even Tabalong Bertakbir sendiri merupakan lomba Pawai Takbiran Idul Fitri yang diselenggarakan dalam rangka menyambut dan menyemarakkan Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriyah.

PERWAKILAN Remaja Masjid An Nur, Amri Saparudin, mengatakan pihaknya sangat bersyukur karena kembali terpilih sebagai juara dalam lomba pawai takbir ini. “Tahun kemarin, tim kami juga mendapat juara pertam. Alhamdulillah tahun ini, kami kembali meraih juara pertama,” ujar Amri Saparudin kepada wartawan, usai menerima trofi dan uang pembinaan dari panitia pelaksana di Tanjung, Kamis (15/6/2018) malam.

Dia menjanjikan tahun depan, akan berusaha untuk menampilkan kreasi-kreasi yang lebih baik lagi. Hal ini agar, predikat juara pertama dalam Pawai Takbiran Idul Fitri ini kembali dapat diraih remaja Masjid An Nur.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Tabalong, H Rizalinoor mengatakan lomba pawai takbiran Idul Fitri ini merupakan agenda tahunan Pemkab Tabalong dalam menyemarakan hari kemenangan, usai sebulan penuh berpuasa di bulan Ramadhan. “Pawai Takbiran ini merupakan wujud rasa syukur kita akan datangnya hari kemenangan, Hari Raya Idul Fitri,” ujar Rizalinoor.

Dalam pawai takbiran ini, peserta yang berasal dari remaja masjid atau langgar dan sanggar seni yang ada di Kabupaten Tabalong tidak diperkenankan menggunakan sound system yang berlebihan. Peserta hanya diperkenankan menggunakan alat musik tradisional seperti kentongan, terbang dan alat musik tradisional lainnya serta diwajibkan melantunkan gema takbir.

IKLAN TENGAH

“Peserta juga diharuskan bisa menyuarakan takbir dengan suara lantang dengan dibantu alat musik tradisional,” ungkap Rizalinoor.

Ia berharap dengan digelarnya pawai takbiran Idul Fitri ini dapat lebih menambahkan rasa syukur kepada Allah SWT. Sementara itu, Pawai Takbiran Idul Fitri 1439 Hijriyah ini dimulai dari halaman Taman Giat Kota Tanjung diteruskan berjalan di seputar Kota Tanjung.

Dalam Pawai Takbiran Idul Fitri kali ini diikuti oleh 32 peserta yang terdiri dari remaja masjid atau langgar yang ada di Kabupaten Tabalong. Termasuk,  dari sanggar-sanggar Seni dan Utuh Diyang Tanjung.

Total hadiah yang diperebutkan senilai  Rp 13 juta untuk 6 pemenang. Rinciannya, juara I berhak menyabet dana segar Rp 3 juta, juara II dikasih Rp 2.750.000, dan juara III berhak membawa pulang uang Rp 2,5 juta. Sedangkan, untuk harapan I diberi Rp 2 juta, harapan II lebih sedikit Rp 1,5 juta dan harapan III dihadiahi uang tunai Rp 1 juta.(jejakrekam)

Penulis Herry Yusminda
Editor Didi G Sanusi
Anda mungkin juga berminat
Loading...

Dua Tahun Berturut-Turut, Remaja Masjid An Nur Juarai Pawai Takbiran Idul Fitri di Tabalong