Calon Rektor Didata Ulang, Prof Hadin Muhjad : Saya Ikut Gerakan Cegah Radikalisme Kampus

0

KEBIJAKAN cegah radikalisme di kampus dan seluruh calon rektor didata ulang yang diungkapkan Direktur Jenderal Kelembagaan Iptek Dikti, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Patdono Suwignjo, mendapat tanggapan dari Prof Dr HM Hadin Muhjad.

GURU besar hukum administrasi yang juga calon Rektor Universitas Lambung Mangkurat (ULM) periode 2018-2022 ini mengungkapkan pernyataan Dirjen Kelembagaan Iptek Dikti Kemenristekdikti  yang memastikan akan mendata latar belakang calon rektor secara saksama, sehingga orang yang terindikasi radikalisme bisa dicegah menjadi rektor, patut didukung.

“Sejak dulu, saya sendiri sudah ikut dalam gerakan anti radikalisme, tepatnya saat menjabat Rektor Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Kalimantan Selatan yang mewakili UNU Kalsel dalam deklarasi anti radikalisme dan terorisme seluruh pimpinan perguruan tinggi se-Indonesia bersama Presiden Joko Widodo dan jajarannya di Nusa Dua, Bali, pada 26 September 2017 lalu,” ucap Hadin Muhjad kepada jejakrekam.com, Selasa (12/6/2018).

Menurut Hadin, dalam gerakan isu pencegahan anti radikalisme dan terorisme, dirinya pribadi ikut berpartipasi tidak hanya untuk kepentingan sebagai calon Rektor ULM, tapi sudah dilakukan beberapa tahun yang lalu.

Bahkan, Prof Hadin Muhjad pun tercatat menjadi Koordinator Steering Committee (SC) perguruan tinggi se-Kalimantan Selatan pada 207, bersama 15 ribu mahasiswa se-Kalsel ikut dalam aksi deklarasi kebangsaan di Hari Sumpah Pemuda, serta turut berorasi melawan radikalisme. Tujuan dari acara ini adalah menjaga Indonesia dari isu suku, agama, ras dan antargolongan (SARA), kebencian, fitnah serta adu domba, kemudian menjaga komitmen kebhinnekaan, Pancasila dan NKRI.

Profesor yang menghasilkan banyak karya buku bidang hukum ini mengatakan selain menggunakan pendekatan hati yang cenderung bersifat hanif, peningkatan atmosfer akademik merupakan jawaban paling strategis dalam menangkal isu radikalisme terhadap calon rektor.

“Sebab, dengan berpikir secara akademik dapat menangkal pemberitaan hoax dan deteksi informasi secara cross check, sehingga tidak merugikan orang banyak,” cetus Hadin.

Disinggung bila nanti terpilih menjadi Rektor ULM, Hadin memastikan akan membina karaktek mahasiswa dengan mata kuliah agar bisa menghasilkan kalangan intelektual dan lulusan ULM yang berakhlak mulia.(jejakrekam)

 

 

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2018/06/12/calon-rektor-didata-ulang-prof-hadin-muhjad-saya-ikut-gerakan-cegah-radikalisme-kampus/
Penulis Ahmad Husaini
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.