Menjaga Perekonomian Kalsel dan Indonesia dari Berbagai Tekanan Eksternal

0

PEREKONOMIAN Kalsel diklaim cukup kuat, ditandai dengan salah satu indikatornya stabilitas sektor jasa keuangan dan kondisi likuiditas di pasar keuangan Indonesia masih dalam kondisi terjaga.

KEMUDIAN, tekanan terhadap  stabilitas, khususnya nilai tukar rupiah yang terjadi lebih karena perubahan kebijakan di Amerika Serikat, yang berdampak ke seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Selain itu, ekonomi Indonesia menunjukkan ketahanan yang cukup kuat terhadap tekanan eksternal pada saat ini, sebagaimana ditunjukkan pada periode-periode tekanan global sebelumnya.

Dalam rilisnya, Kepala Perwakilan BI Kalsel Herawanto, Kamis (7/6/2018), menyatakan untuk menyikapi tekanan eksternal tersebut, pemerintah, BI, OJK, dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) telah meningkatkan kewaspadaan, dan siap mengambil kebijakan yang diperlukam untuk terus menjaga stabilitas ekonomi dan keberlangsungan pembangunan.

“Bahkan, keempat institusi tersebut semakin memperkuat koordinasi dan implementasi bauran kebijakan untuk menjaga stabilitas ekonomi dan kelanjutan pembangunan,” katanya.

Diungkapkannya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Gubernur BI Perry Warjiyo, Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso, dan Ketua Dewan Komisioner LPS Halim Alamsyah pada 28 Mei 2018 lalu, menggelar jumpa pers terkait penguatan koordinasi tersebut.

Dimana, masing-masing institusi tersebut telah memiliki prioritas langkah-langkah. Bank Indonesia, dalam jangka pendek memprioritaskan kebijakan  moneter untuk stabilisasi nilai tukar rupiah. Pemerintah, melalui kebijakan fiskalnya, mengarahkan untuk menjaga APBN 2018 secara kredibel dan terus memperkuat kesehatan APBN dalam rangka menciptakan ruang fiskal yang memadai bagi stabilisasi, dan menjamin kesinambungan fiskal dalam jangka menengah.

Selain itu, pemerintah juga akan terus menjaga kesehatan keuangan dan tata kelolaserta transparansi Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Dari sisi OJK, kebijakan pengawasan sektor keuangan difokuskan untuk menjaga sektor keuangan yang sehat. Sementara, LPS akan meningkatkan intensitas monitoring dan evaluasi terkait memadainya skema penjaminan simpanan.

Selanjutnya, pemerintah dan institusi terkait akan terus melakukan langkah untuk memperkuat keseimbangan eksternal (neraca pembayaran) dengan terus meningkatkan ekspor melalui peningkatan daya saing ekonomi, memacu produk), memperbaiki iklim dan kemudahan investasi, serta mempercepat dan memperdalam reformasi struktural di sektor riil untuk menopang pertumbuhan ekonomi yang sehat dan berkelanjutan.

Menindaklanjuti penguatan koordinasi di tingkat pusat tersebut, Kantor Perwakilan BI Kalsel melakukan beberapa langkah strategis, yaitu koordinasi dengan pemerintah daerah, OJK, institusi terkait, kalangan perbankan, akademisi, dan pelaku usaha. Perumusan implementasi di tingkat daerah merupakan proses berikutnya.

Dalam hal ini, menjaga kestabilan harga komoditas agar inflasi tetap terjaga merupakan upaya nyata yang dapat dilakukan di tingkat daerah. Kondisi perekonomian yang baik dan kuat tidak terlepas dari inflasi yang terjaga.

Secara bulanan, Kalsel mencatatkan inflasi sebesar 0,16 persen (mtm) pada Mei 2018, lebih tinggi dibandingkan inflasi April 2018 yang sebesar 0,11 persen (mtm). Realisasi tersebut lebih rendah dari data historis periode Mei dalam tiga tahun terakhir yang sebesar 0,30 persen (mtm). Adapun secara tahunan, inflasi Kalsel mereda dibanding bulan sebelumnya. Pada Mei 2018 tecatat 2,76 perse (yoy), lebih rendah dibandingkan inflasi April 2018 yang sebesar 2,89 persen (yoy).

Dari dua kota penghitung inflasi di Kalsel, keduanya mengalami inflasi. Banjarmasin mencatatkan inflasi sebesar 0,14 persen (mtm) lebih tinggi dari bulan sebelumnya yang tercatat inflasi sebesar 0,08 persen (mtm). Sementara itu di Tanjung juga tercatat inflasi sebesar 0,35 persen (mtm), lebih rendah dari bulan sebelumnya yang tercatat inflasi sebesar 0,61 persen (mtm).

Selain itu, penguatan sektor-sektor ekonomi daerah yang sudah ada dan pemberdayaan sektor-sektor ekonomi yang berpotensi untuk dikembangkan akan memperkokoh pilar ekonomi di daerah.

Berdasarkan kajian growth strategy yang dilakukan BI, sektor ekonomi yang berpotensi menjadi sumber pertumbuhan ekonomi baru, yaitu agro industry, hilirisasi industri CPO, ekonomi kreatif, pariwisata berbasis komunitas, dan ekonomi syariah.(jejakrekam)

Penulis Ipik Gandamana
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.