Website KPU Kalsel Sempat Diretas, Muncul Pria Tengkorak Bertopi Pesulap

0

PARA penggiat media sempat dikejutkan dengan diretasnya website resmi KPU Provinsi Kalimantan Selatan di www.kalsel.kpu.go.id/ selama dua hari, terhitung sejak Selasa-Rabu (22-23 Mei 2018). Ini setelah dalam tampilan laman KPU Provinsi Kalsel itu muncul simbol telah di-hack yang mengatasnamakan nerdsquad.

SAAT diklik, terutama di ponsel pintar muncul gambar tengkorak bertopi ala pesulap bernama Hacked by Dev19Feb, diduga berasal dari dalam negeri karena mencantumkan Indonesia Hacker Rulez. Kemudian, tampilan itu menutup semua laman berisi informasi penting dengan ganti tulisan be secure, your security get down.

Berry Nahdian Furqon, politisi PDI Perjuangan yang juga Sekretaris PWNU Kalsel ini mengaku sudah dua hari website KPU Kalsel telah kena retas. “Namun,  pada hari ini (Kamis, 24 Mei 2019) seperti sudah dibereskan,” kata Berry Nahdian Furqon kepada jejakrekam.com, Kamis (24/5/2018).

Begitupula, Afuz yang juga pegiat media mengaku hal serupa, ketika hendak masuk ke laman resmi KPU Kalsel. Padahal, banyak informasi yang tersaji dalam website KPU Provinsi Kalsel seperti informasi pendaftaran calon DPD RI, pengumuman hasil tes kesehatan dan sebagainya, serta informasi soal kepemiluan.

“Mungkin, tim IT KPU Kalsel cepat bereaksi. Kami sarankan agar tim IT harus bekerja ekstra untuk membendung aksi para peretas, karena informasi yang dicantumkan dalam website KPU Kalsel sangat penting bagi warga. Terutama, informasi harus terus ter-update,” kata pria yang juga aktif Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) ini.

Dikonfirmasi, Sekretaris KPU Provinsi Kalsel Basuki mengaku tak tahu. Begitu mendapat informasi, Basuki langsung menginstruksikan tim IT untuk segera mengembalikan website KPU Kalsel. “Sekarang sudah pulih kembali dan bisa diakses seperti semula,” ucap Basuki.(jejakrekam)

 

 

 

 

Penulis Didi GS
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.