Nilai Tertinggi UN SMP/MTs se-Kalsel Tahun 2018, Masih Didominasi Siswa Banjarmasin

KEMENTERIAN Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) RI mengumumkan hasil ujian nasional berbasis komputer (UNBK) tingkat SMP/MTS di sekolah atau tingkat satuan pendidikan masing-masing, pada Jumat (25/5/2018).

KEPALA Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin Totok Agus Daryanto memaparkan secara umum nilai rata-rata UN SMP/MTS di 13 kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan mengalami penurunan. Namun, menurut dia, hanya Kota Banjarmasin dan Kabupaten Banjar yang mengalami kenaikan rata-rata nilai UNBK SMP tahun 2018 ini.

“Terlepas dari itu, untuk 8 dari 10 besar nilai perorangan UN SMP/MTs tertinggi provinsi didominasi oleh siswa-siswi asal Kota Banjarmasin,” kata Totok Agus Daryanto kepada jejakrekam.com, Jumat (25/5/2018).

Ia menggarisbawahi evaluasi yang dilakukan Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin untuk UNBK SMP/MTs tahun ini, ternyata deviasi jarak antara nilai tertinggi dan nilai terendah itu terlampau jauh. “Makanya, harus ada upaya pemerataan kualitas proses pembelajaran di setiap sekolah yang ada di Kota Banjarmasin,” tegas Totok.

Data yang diperoleh jejakrekam.com untuk rata-rata nilai keseluruhan tertinggi adalah Kabupaten Banjar mencapai 56,83. Sedangkan, untuk Kota Banjarmasin,  rata-rata nilai UN SMP/MTs 52,67 untuk provinsi nilai rata-rata keseluruhan 51,67. Namun dari UN 2018 tahun lalu hanya Kota Banjarmasin dan Kabupaten Banjar yang mengalami kenaikan nilai secara keseluruhan yaitu 0,88 dan 0,03. Sedangkan, Kabupaten Tapin mengalami penurunan nilai rata-rata paling signifikan 8,44.

Untuk peraih nilai tertinggi UNBK 2018, disabet siswa SMPN 1 Banjarmasin atas nama Zulfan Adria Putranto dengan total nilai 375,50. Dari 10 siswa yang  memperoleh nilai tertinggi hanya Nadia Nabila siswi SMP GIBS Kabupaten Batola serta Muhammad Irsyad Asyarie, siswa SMPN 1 Banjarbaru.(jejakrekam)

Penulis Ahmad Husaini
Editor Didi GS
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news and updates delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time