Awal Juni 2018, THR ASN Pemkab Barito Utara akan Segera Dicairkan

0

BEGITU memasuki awal Juni 2018, dipastikan tunjangan hari raya (THR) bagi aparatur Sipil negara (ASN) akan segera dicairkan. Saat ini, memang surat resmi dari pemerintah pusat mengenai gaji ke-14 atau THR belum sampai ke daerah, terutama Pemkab Barito Utara, Provinsi Kalimantan Tengah.

SEKRETARIS Daerah Kabupaten (Sekdakab) Barito Utara, H Jainal Abidin mengatakan, surat pemberitahuan secara resmi ke pemerintah daerah memang belum diterima mengenai adanya THR tahun 2018. Namun, menurut dia, pihaknya sudah mendapat informasi dari pemberitaan mengenai surat dari pemerintah pusat.

“Memang, surat resminya belum sampai pada sekretariat daerah. Tetapi dengan adanya ini, maka akan mengadakan rapat bersama guna membahas langkah pembayaran pada bulan Juni ini,” ucap Jainal Abidin kepada jejakrekam.com, di Muara Teweh, Jumat (25/5/2018).

Ia menjelaskan rapat yang akan dilaksanakan juga membahas akurasi data kepegawaian,  baik yang aktif maupun pensiunan. Sebab, lanjut Jainal Abdin,  pada 1 Juni 2018, ada beberapa orang ASN yang memasuki masa pensiun.

“Dengan memasuki masa pensiun, pada 1 Juni,  sementara pencairan THR sesudah tanggal itu,  maka akan dihitung apakah pembayaran masa aktif sebagai ASN atau pembayaran pensiun saja,” urainya.

Masih menurut Jainal,  masalah perhitungan jumlah pegawai harus ada kepastian, terutama mengenai statusnya. “Nah, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) lebih tahu masalah ini. Karenanya, akan segera kita rapatkan, apakah nanti tidak ada hak pegawai yang dihilangkan,” ucapnya.

Kemudian, beber Jainal Abidin, yang harus dicermati adalah akurasi jumlah pegawai yang dapat THR,  agar semuanya dapat sesuai dengan porsi masing masing. Ia melanjutkan, apalagi tahun ini jumlah THR lebih besar, bila dibandingkan tahun lalu.

“Karena komponen jauh lebih besar seperti lauk pauk dan tunjangan keluarga serta tunjangan jabatan struktural.  Pokoknya, kita usahakan pembayaran sebelum masa cuti bersama. Karena kita juga akan libur panjang, ” pungkas Jainal Abidin.(jejakrekam)

 

Penulis Syarbani
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.