Cek Kualitas Makanan Pedagang, Dinkes Barut Turunkan Tim ke Pasar Ramadan

0

PEMERINTAH Kabupaten Barito Utara, melalui dinas kesehatan menerjunkan tim untuk melakukan pengecekan kualitas makanan yang dijual oleh para pedagang selama bulan suci Ramadan di beberapa tempat seperti pasar Ramadhan di Water Front City dan lokasi lainnya.

KEPALA Dinas Kesehatan Barito Utara, H Robansyah, Senin (21/05/2018) mengatakan,  pengecekan tersebut dilakukan dengan cara mengambil sampel makanan yang dijajakan, untuk dilakukan pengujian labratorium BPOM Palangka Raya. “Pengecekan makanan ini guna memberikan jaminan keamanan pangan selama Ramadan,” kata Robansyah.

Selain mengambil sampel, Robansyah  juga menghimbau kepada  warga agar dapat menjadi konsumen cerdas yang dapat memilih makanan yang baik dan sehat. Dengan begitu,  maka ini juga merupakan antisipasi atau mencegah sesuatu yang tidak diinginkan.

Dikatakannya, kepada para pedagang baik makanan dan minuman, diharapkannya tidak menjual makanan yang mengandung bahan berbahaya dan juga makanan yang sudah tidak layak konsumsi kepada masyarakat.

Sebab bila menjual makanan dan minuman atau sejenis jajanan yang tidal layak, maka ini juga merupakan perbuatan tidak terpuji. Apalagi saat bulan seperti sekarang ini. “Apabila ditemukan makanan dan minuman yang mengandung bahan-bahan berbahaya, seperti borak dan formalin, maka kami akan melakukan pembinaan,” tandasnya.(jejakrekam)

 

Penulis Syarbani
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.