Tebar 1.200 Penyuluh, Kanwil Kemenag Kalsel Pantau Gerakan Aliran Sesat

0

WALAU Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Kalsel belum menemukan adanya gerakan maupun aliran sesat dari kelompok tertentu, masyarakat diminta tetap menjaga situasi yang kondusif.

KEPALA Kanwil Kemenag Kalsel Noor Fahmi menyatakan, informasi itu didasarkan laporan petugas Penyuluh Agama Islam yang ditempatkan di seluruh kecamatan yang ada di kabupaten/kota hingga tersebar ke desa-desa. “Jadi sampai saat ini, tidak ada aliran atau kelompok menyimpang di Kalsel ini,” ujar Noor Fahmi kepada jejakrekam.com, Jumat (18/5/2018).

Diungkapkannya, ntuk menghimpun berbagai informasi di masyarakat, Kementerian Agama menempatkan sedikitnya 1.200 orang tenaga penyuluh agama di kecamatan. Langkah tersebut dilakukan sejak beberapa tahun lalu, dengan petugas yang direkrut melalui program Kemenag secara honorer.

Untuk tiap kecamatan, ada delapan petugas yang diturunkan langsung ke desa-desa guna bertugas memantau situasi, menggali informasi, sekaligus melakukan pembinaan agama.

“Kita rutin memperoleh informasi situasi melalui petugas di lapangam. Jika ada gejala penyimpangan, petugas akan melaporkan ke tingkat kabupaten atau kota lebih dulu,” kata Fahmi.

Disinggung soal aksi terorisme, Noor Fahmi menegaskan bahwa terorisme bukanlah ajaran Islam. Sebab, Islam mengajarkan kasih sayang dan kelembutan, bukan kekerasan.

Fahmi meyakini setiap agama tidak mengajarkan tentang kekerasan. Karenanya, dia meminta segenap lapisan agar bisa berpikir secara arif serta bijak dalam menyikapinya, dengan tidak mudah terpancing dengan isu atau berita yang mungkin menyesatkan.(jejakrekam)

Penulis Ipik Gandamana
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.