Ucapan ramadhan

Liga Santri Nasional Regional Kalsel Dihelat Setelah Idul Fitri 1439 H

PANITIA terus memantapkan rencana digelarnya Liga Santri Nusantara (LSN) Regional Kalsel tahun 2018.

KETUA Panitia Zainal Ilmi mengatakan, baru saja digelar bimbingan teknis (bimtek) tingkat nasional terkait Liga Santri Nusantara tahun 2018.

“Pelaksanaan Liga Santri Nusantara tahun 2018 Regional Kalsel pada 30 Juni nanti atau usai Hari Raya Idul Fitri 1439 H. Final pada Juli, dan akan digelar di Stadion 17 Mei Banjarmasin,” kata Wakil Ketua PWNU Kalsel ini kepada jejakrekam.com.

Liga Santri Nusantara Regional Kalsel, bebernya, akan memperebutkan piala bergilir Ketua PWNU Kalsel dan piala tetap Gubernur Kalsel. Liga Santri Nusantara Regional Kalsel rencananya diikuti 32 pondok pesantren yang berada di lingkungan Nahdlatul Ulama (NU).

Iklan Samping 300×250

“Juara akan ikut di tingkat nasional. Tapi, sekarang ini berbeda. Tim juara tidak otomatis mengikutsertakan pemainnya. Formatnya, tim juara mengikitsertakan 11 pemainnya, sementara tujuh pemain lainnya dipilih yang terbaik dari tim-tim yang berlaga di Liga Santri Nusantara Regional Kalsel,” pungkasnya.

Rencananya, Liga Santri Nusantara tingkat nasional akan digelar di Solo.

Pada mulanya, menyambut Hari Santri Nasional yang jatuh pada 22 Oktober (berdasarkan Keppres Nomor 22 tahun 2015), kompetisi Liga Santri Nusantara untuk pertama kalinya diadakan. Pada 2015 silam, Menpora menjadi penyelenggara tunggal Liga Santri Nusantara ini, sebelum akhirnya pada 2016, Kemenpora bekerjasama dengan Asosiasi Pesantren Nahdlatul Ulama sebagai penyelenggara Liga Santri Nusantara.

Dibalut dengan akhlak dan budi pekerti yang tetap berada di urutan teratas, maka diharapkan akan lahir santri-santri yang memiliki budi pekerti baik, namun sehat sekaligus berwawasan serta berpengetahuan luas.

Konsep inilah yang juga dipakai dalam Liga Santri Nusantara ini. Selain untuk mengamankan talenta-talenta hebat dari pesantren, ajang Liga Santri Nusantara juga digelar untuk membentuk atlet dengan karakter yang kuat serta berbudi pekerti yang baik.(jejakrekam)

Penulis Andi Oktaviani
Editor Andi Oktaviani
Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.