Langkah Antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan Sejak Dini

ANTISIPASI kebakaran hutan dan lahan sedini mungkin, pTNI AD mengadakan latihan Gladi Posko 1, yang meliputi wilayah Kabupaten Hulu Sungai Utara dan Balangan. Latihan ini dihadiri Danrem 101/Antasari Kolonel Inf Yudianto Putrajaya, di Makodim 1001/Amuntai, Selasa (15/5/2018).

KEGIATAN ini, kata Kolonel Inf Yudianto Putrajaya, merupakan program dari TNI AD untuk melatih komandan dan staf, uga Ssnergitas dengan unsur terkait, eperti BPBD, Polri, dinas sosial maupun masyarakat lainnya, untuk bersama mengantisipasi dan mengatasi bahaya Karhutla.

Tidak kalah pentingnya, bahwa pelatihan ini menidaklanjuti apel gabungan beberapa hari yang lalu yang dipimpin Gubernur Kalsel, serta arahan dari Presiden Joko Widodo saat di Istana Negara yakni perkuat sistem deteksi dini dan penetapan siaga darurat segera, terutama daerah-daerah rawan karhutla, dan lahan gambut.

IKLAN TENGAH

Penyiapan sekat kanal bekerjasama dengan swasta dan mengecek kesiapan kesiagaan operasi udara, patroli udara, hujan buatan, serta water bombing. Mengaktifkan posko dalkarhut, patroli bersama masyarakat, dan penyuluhan di tingkat kecamatan dan desa. Perbaiki tata kelola lahan terutama lahan masyarakat dan konsesi swasta, serta penegakan hukum kasus-kasus karhutla dengan tegas dan tanpa kompromi.

“Presiden juga menekankan penguatan sinergi antara pemerintah pusat, dan pemerintah daerah, dalam perencanaan mencegah karhutla. Gerak cepat turun ke lapangan. Diharapkan perencanaan awal tahun ini dapat mencegah Karhutla,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Andi Oktaviani
Anda mungkin juga berminat
Loading...

Langkah Antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan Sejak Dini