Ucapan ramadhan

Benahi Sarana dan Infrastruktur, Gunung Kiram dan Mawar Diplot Jadi Objek Wisata Yang Mendunia.

GUBERNUR Kalsel H Sahbirin Noor bertekat menjadikan kawasan Gunung Kiram dan Gunung Mawar menjadi salahsatu objek wisata yang mendunia. Langkah itu sejalan dengan rencana  besar pemerintah pusat yang konsentrasi menggenjot sektor pariwisata di Indonesia.

KHUSUS di Kalsel memang cukup banyak tujuan wisata. Tapi kita ingin objek Gunung Kiram dan Gunung Mawar ini jadi tujuan wisata yang mendunia,” ujarnya pada wartawan, saat berada di lokasi itu, belum lama tadi.

Menurut dia, saat ini pemerintah secara perlahan membenahi  infrastruktur jalan menuju kawasan, terutama arah menuju puncak Gunung Mawar yang terletak di desa paling ujung Kabupaten  Banjar ini.

Saat ini warga masyarakat yang berwisat sudah bisa menikmati mandi di kolam renang Alam Roh II dan VII serta mendaki puncak Gunung Mawar  yang menyajikan panorama pemandangan alam sekaligus bisa melihat komplek perkantoran Pemprov Kalsel di Banjarbaru dari kejauhan.

Iklan Samping 300×250

Ke depan, melalui dinas pariwisata berencana menambah fasilitas seperti kereta gantung dan mesjid berbahan bambu terbesar di dunia. “Jadi kita benahi pelahan-lahan. Karena ini sejalur dengan kawasan perkantoran Setdaprov di Banjarbaru, Gunung Kiram, dan kawasan sport center yang direncanakan membangun kawasan sport city,” kata Sahbirin Noor.

Dari pengamatan Jejakrekam.com diloksi yang berjarak sekitar 60 kilometer sebelah Tenggara Kota Banjarmasin ini, sedikitnya ratusan wisatawan lokal memadati lokasi hingga sore hari itu. Fakta tersebut tak dapat ditampik jika objek wisata tersebut sudah ramai dikunjungi masyarakat. Hal itu dibenarkan,  salah seorang petugas dikawasan dilokasi wisata baru itu yang bernama Hamdi. Menurut warga penduduk Desa Kiram itu, untuk hari Sabtu dan Minggu sedikitnya ada 500 orang wisatawan yang datang, termasuk para pedangang yang banyak menjajakan berbagai macam jenis barang dagangan termasuk minuman dan makanan. “Setiap minggu ramai mas disini,” ucap Hamdi.

Pun begitu jejakrekam menanyakan pada beberapa pengunjung saat itu khususnya, petunjuk jalan menuju lokasi wisata, rata-rata mengatan mudah. Memang untuk jalannya masih agak kurang nyaman. Tapi petunjuk menuju lokasi ini mudah saja, karena banyak plang penunjukanya,” ujar Mahrini dan Santi dua orang pengunjung yang berasal dari Basirih Banjarmasin.

Adanya fakta itu, salah satu anggota DPRD Kalsel, Hj Syarifah Santiasyah yang juga secara khusus berada dilokasi karena diundang oleh pemerintah daerah sangat mendukung pengembangan kawasan wisata baru itu. Bahkan dia mengusulkan pada pemerintah agar dibuatkan fasilitas kolan renang modern di atas gunung. “Ini sangat potensial melihat animo pengunjungnya. Sekalian aja dibuatkan kolam renang diatas gunung, jadi tujuan wisatanya lebih menarik,” imbuhnya. (jejakrekam)

Penulis Ipik Gandamana
Editor Fahriza
Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.