Gaungkan Aksi Kemanusiaan, ACT Antar Paket Pangan Melalui Kapal Ramadhan

0

RAMADHAN segera hadir. Pahala yang berlipat ganda terbuka lapang di bulan suci ini. Menyambut bulan suci yang diwajibkan untuk berpuasa selama sebulan bagi umat Islam itu,  Aksi Cepat Tanggap (ACT) turut mengajak bangsa Indonesia termasuk warga Banua untuk mewujudkan amal saleh kemanusiaan, baik untuk sesama bangsa Indonesia maupun untuk meringankan krisis kemanusiaan global.

SEMUA itu terangkum dalam program kerja “Beri Ramadhan Terbaik”, yang resmi diluncurkan pada Rabu (9/5/2018 ) tadi di Jakarta. Program “Beri Ramadhan Terbaik” menekankan pada ikhtiar kuat umat dalam meraih rida-Nya. Ikhtiar terbaik dalam ibadah dan berbagi semata-mata untuk memperoleh penilaian terbaik dari Allah.

Presiden ACT Ahyudin mengatakan, Ramadhan merupakan bulan terbaik dan termulia dari semua bulan Hijriyah. Hal tersebut menjadi momen pelipatgandaan ikhtiar dan amalan terbaik umat muslim.

“Jika hidup di dunia ini, setiap kita mendambakan yang terbaik. Kenapa kita tidak lakukan hal yang sama, untuk amal saleh yang ganjarannya akan kita terima kelak, sesudah kehidupan duniawi ini? Memilih berbuat terbaik, semangat langit yang membimbing semua insane menyiapkan balasan terbaik,” tuturAhyudin dalam siaran persnya yang diterima jejakrekam.com, Minggu (13/5/2018).

Hal senada juga disampaikan Ustadz Bobby Herwibowo bertindak selaku penceramah dalam kegiatan tersebut. Menurutnya, jika saja umat muslim memahami makna hebat di balik Ramadhan, mereka dipastikan ingin sepanjang tahun dipenuhi bulan Ramadhan.

“Ketika kita sudah mengerti Ramadhan itu adalah momentum terbaik, 11 bulan kita latihan bagai seorang atlet kelas dunia, maka satu bulan ini adalah gelanggang olimpiadenya, tempurnya di sini. Berikan optimalisasi amal yang perlu kita kerjakan. Sedekah yang terbaik, infak yang terbaik, berbagi yang terbaik, taat yang terbaik, takwa yang terbaik. Maka Ramadhan kali initunjukkan, membuat Allah bangga dengan memberikan yang terbaik,” papar Ustadz Bobby Herwibowo dalam ceramahnya.

Dalam semangat “Beri Ramadhan Terbaik” masyarakat Indonesia, khususnya muslim, bisa mewujudkan amalan terbaik dengan membahagiakan jutaan masyarakat paling membutuhkan hingga korban krisis kemanusiaan. Semua dapat dilakukan melalui program filantropi yang digagas ACT selama bulan Ramadhan.

Rini Maryani selaku Vice President ACT mengatakan, program-program Ramadhan ACT menyasar masyarakat prasejahtera di tepian negeri Indonesia serta korban krisis kemanusiaan di negara konflik. Mayoritas program yang diselenggarakan fokus pada kebutuhan pangan para penerima manfaat selama Ramadhan dan IdulFitri.

Ramadhan kali ini, ACT menggagas Kapal Ramadhan. Sesuai identitasnya, Kapal Ramadan akan melakukan pelayaran selama bulan Ramadan nanti. Kapal Ramadhan akan menjangkau tepian negeri dari barat hingga timur Indonesia.

“Momentum Ramadhan ini, Insya Allah Kapal Ramadhan akan merangkul mereka yang berada di tepian negeri, mengantarkan paket pangan, berbagi kebaikan, menikmati santap berbuka puasa bersama,” ujar Rini.

Bahkan kebaikan itu universal, tidak terbentur agama apa, suku mana. Rini menegaskan kalau nanti Kapal Ramadan akan singgah di titik-titik tepian negeri paling membutuhkan. “Tak melihat agama apa, suku mana, apalagi preferensi politik apapun. Kita buktikan Indonesia mampu menyatu, melebur, di antara Ramadhan penuh kebaikan,” ujarnya.

“Bulan Ramadhan nanti, kami akan berikhtiar untuk meluaskan kebaikan dan kebahagiaan kepada sesama. Untuk itu, kami mengajak masyarakat Indonesia untuk Bersama Beri Ramadhan terbaik, baik melalui program Ramadhan kami maupun program reguler lainnya seperti wakaf, zakat, kurban, dan sedekah,” pungkasRini.

Di momen Ramadhan ini, ACT juga mengadakan lomba jurnalistik kemanusiaan dan lomba ide program kemanusiaan. Lomba tersebut sebagai ikhtiar untuk meluaskan kebaikan Ramadhan kepada khalayak. Lomba jurnalistik kemanusiaan terbuka untuk awak media dari televisi, media online, dan media cetak di seluruh Indonesia. Sedangkan lomba ide program kemanusiaan diperuntukkan bagi komunitas atau organisasi, baik berbasis sekolah, masjid, LSM, organisasi kepemudaan ataupun yayasan lokal.

Maidinoor selaku Kepala Cabang ACT Kalimantan Selatan mengajak semua media dan komunitas di Banua untuk turut terlibat dalam lomba tersebut. “Ini adalah langkah awal perkenalan kita di tanah Banua. Mari bersama-sama menggaungkan aksi kemanusiaan untuk mewujudkan lingkungan yang penuh kebaikan demi generasi emas bangsa ini,” pungkasnya.(jejakrekam)

 

Penulis Sirajuddin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.