Jelang Ramadhan, PDAM Bandarmasih Fokus Perbaikan Kualitas Air Baku

0

MEMPERLANCAR aliran air bersih saat Ramadhan, PDAM Bandarmasih melakukan perbaikan dalam pengolahan air baku.

HUMAS PDAM Bandarmasih Ramadhani Agustina mengungkapkan, pihaknya telah melakukan pengurasan di instalasi pengolahan mulai dari intensitas teknologi.

PDAM Bandarmasih berupaya melakukan pengolahan di instalasi guna menjaga kualitas air yang dialirkan kepada pelanggan, sesuai persyaratan Permenkes dengan melakukan pengurasan dan pencucian pipa, seperti pipa primer, sekunder, sampai tersier.

“PDAM Bandarmasih berupaya mengantisipasi kedatangan bahan kimia, karena pada Ramadhan ini sering terjadi keterlambatan kedatangan bahan kimia,” ujarnya.

Menurut Ramadhani Agustina, kondisi Air baku PDAM dalam beberapa hari ini mengalami perubahan kualitas yang signifikan.

Diakhir 2015 hingga awal 2016 perubahan kualitas air bakunya tentang parameter Ph, dimana Ph tersebut mencapai angka empat. Namun, menghadapi akhir tahun 2017 hingga sekarang, kondisi air baku mengalami perubahan dengan parameter kekeruhan.

“Parameter kekeruhan kita saat ini sampai dengan angka 1.000 NTU, sedangkan angka normal kekeruhan biasanya hanya 100 NTU. Ini berbanding dengan warna yang didapatkan,” bebernya

Maka dari itu, dalam perbaikan kekeruhan tersebut, PDAM bekerja keras merubah intensitas air dengan mengeluarkan biaya operasional tinggi.

“Biaya operasional tersebut digunakan untuk menggantikan bahan Koagulan PAC Liquid yang biasanya digunakan dan diganti dengan PAC Powder,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Arpawi
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.