Hindari Lonjakan Harga, Distribusi Kebutuhan Pokok Harus Lancar

0

DPRD Kalsel mengingatkan pemerintah daerah agar meningkatkan pengawasan jalur distribusi kebutuhan pokok saat Ramadhan.

WAKIL Ketua DPRD Kalsel Asbullah mengingatkan distribusi hingga harga kebutuhan pokok yang mengalami lonjakan, yang pasti terjadi menjelang dan saat Ramadhan.

“Persoalan itu timbul karena ada permainan harga di tingkat pedagang maupun terjadi penimbunan barang,” katanya, Senin (7/5/2018).

Karena itu ia berharap alur distribusi barang yang masuk ke Kalsel harus lancar, terutama pasokan sembako yang menjadi kebutuhan pokok masyarakat. “Kalau barangnya langka, maka harga naik. Jadi harus benar-benar ditata distribusinya supaya lancar,” ingatnya.

Untuk menghindari hal-hal tak diinginkan, lanjut politisi PPP ini, sejak saat ini pemerintah daerah bersama pihak-pihak terkait melakukan pengawasan ekstra terhadap jalur distribusi kebutuhan pokok.

“Aparat terkait bersama pemerintah daerah harus melakukan pengawasan ekstra, jangan sampai distribusi barang yang menjadi kebutuhan pokok masyarakat diselewengkan,” pesannya.

Antisipasi lainnya, imbuh Asbullah, saat terjadi kenaikan harga sembako, maka pemerintah daerah bisa melakukan operasi pasar, dimana langkah tersebut dapat meringankan beban masyarakat.

Disinggung peran dewan secara langsung, menurut Asbullah, salah satunya bisa saja mengundang para mitra kerja melalui komisi terkait menggelar rapat maupun peninjauan ke lapangan guna mengantisipasi sejak awal menyongsong tibanya Ramadhan, agar pasokan sembako lancar dan harga di pasaran tidak terlalu melonjak tinggi.(jejakrekam)

Penulis Ipik Gandamana
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.