PBNU Sahkan Kepengurusan NU Kalsel Pimpinan Haris Makkie-Berry Furqon

0

PENGURUS Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengesahkan kepengurusan PWNU Kalsel hasil Konferwil 2017 yang telah memilih Abdul Haris Makkie sebagai ketua wilayah dan sekretarisnya, Berry Nahdian Furqon untuk masa khidmat 2018-2023.

PENGESAHAN ini dituangkan dalam Surat Keputusan PBNU bernomor 233/A.II.04/05/2018 tertanggal 4 Mei 2018, yang diteken Rais Aam KH Ma’ruf Amin, Katib Aam KH Yahya Cholil Staquf serta Ketua Umum Said Aqil Siraj dan Sekjen Helmy Faishal Zaini. SK ini juga mencabut SK PBNU Nomor 144/A.II.04/02/2017, tanggal 7 Februari 2017 tentang Perpanjangan Masa Khidmat PWNU Kalsel.

Menariknya, SK yang ditunggu-tunggu ini menjadi jawaban ketika terjadi ‘kevakuman’ dari kepengurusan PWNU Kalsel meski telah usai menggelar Konferwil NU Kalsel pada akhir Desember 2017 lalu.

Dalam susunan kepengurusan PWNU Kalsel masa khidmat 2018-2023, memuat ratusan nama pengurus baik mustasyar dengan menempatkan Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor, Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming, Bupati HSU H Abdul Wahid, Bupati Balangan H Ansharuddin, Bupati Tabalong Anang Syakhfiani, mantan Bupati Tapin Arifin Arpan, sejumlah politisi, akademisi dan lainnya. Termasuk, ulama-ulama kondang Kalsel seperti KH Zuhdiannor (Guru Zuhdi), KH Asmuni (Guru Danau),  KH Ahmad Bakhiet (Guru Bakhiet) dan KH Ahmad (Guru Jaro) serta Bupati Banjar KH Khalilurrahman di posisi Dewan Penasihat PWNU Kalsel.

Di posisi Syuriah, dipegang KH Muhammad Ramli sebagai Rais dengan wakil rais yang mayoritas diisi para kiai dengan katibnya, HM Syarbani Haira dibantu para wakil katib. Begitupula, di posisi A’wan PWNU Kalsel ada nama HM Rosehan NB, Zulfadli Gazali dan lainnya.

Sedangkan, Ketua Tanfidziyah PWNU Kalsel adalah H Abdul Haris Makkie yang juga Sekdaprov Kalsel, dan menariknya ada nama rivalnya dalam Konferwil 2017 seperti Nasrullah AR di posisi wakil ketua. Begitupula, nama Ketua GP Ansor Kalsel Harunur Rasyid yang sebelumnya disebut-sebut menjadi sekretarisnya, Hasib Salim jika terpilih di posisi serupa dengan Nasrullah AR.

Nama-nama aktivis muda NU pun mendampingi Berry Nahdian Furqon sebagai Sekretaris PWNU Kalsel, dengan posisi wakil sekretaris.  Untuk bendahara PWNU Kalsel dipercayakan kepada Rizqillah Suhaili.

Wakil Ketua PWNU Kalsel, Nasrullah AR pun mengakui komposisi kepengurusan NU Kalsel masa khidmat 2018-2023 ini sudah ideal, sehingga bisa membawa bahtera ormas Islam ini kembali bergerak sesuai khittahnya.

“Apalagi, PWNU Kalsel sudah menyiapkan diri untuk prosesi pelantikan yang rencananya akan dihadiri Presiden Joko Widodo pada Juli 2018 mendatang. Seluruh pengurus PBNU akan hadir dengan pengajian akbar yang akan melibatkan ulama-ulama kondang Kalsel seperti Guru Danau, Guru Bakhiet, dan Guru Zuhdi di Gedung Dakwah NU Kalsel, Jalan Achmad Yani Km 21,5 Gambut,” ucap Nasrullah kepada jejakrekam.com, Minggu (6/5/2018) malam.

Ia juga menjelaskan NU Kalsel juga menyiapkan diri untuk menjadi tuan rumah Muktamar NU ke-34 pada 2020 demi mengulang sejarah ketika Hadratus Syekh Hasyim Asy’ari pernah berdoa di Langgar Al Hinduan Banjarmasin untuk mendoakan Indonesia menjadi negeri yang selamat (Darussalam). “Jadi, bukan Darul Islam atau negeri Islam tapi negeri yang selamat (darussalam). Bahkan, badan otonom (banom) NU Kalsel juga bersiap untuk menyongsong kesiapan Kalsel menjadi tuan rumah Muktamar NU ke-34,” ujarnya.

Rangkaian agenda besar itu sekaligus pelantikan pengurus PWNU Kalsel, diungkapkan Nasrullah juga dirangkai dengan kunjungan ke Ponpes Rakha Amuntai yang didirikan Ketua Umum PBNU 7 periode, KH Idham Chalid. “Ini menunjukkan  eksistensi NU Kalimantan Selatan mendapat perhatian serius nasional,” tandasnya.(jejakrekam)

 

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2018/05/06/pbnu-sahkan-kepengurusan-nu-kalsel-pimpinan-haris-makkie-berry-furqon/,susunan pengurus n u kalsel,susunan pengurus nu kal sel,susunan pengurus welayah n u kal sel
Penulis Didi GS
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.