Masih Ada 152 Calhaj yang Belum Lunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji

0

HINGGA Jumat (4/5/2018) pukul 17.00 Wita, terdata 3.647 orang yang mengikuti pelunasan tahap awal haji reguler untuk Embarkasi Banjarmasin. Dari kuota calon jamaah haji Kalsel yang sebanyak 3.831 orang, maka ada 184 orang yang belum melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH).

DARI sisa porsi ini, 152 akan di alokasikan untuk calon jamaah haji pelunasan tahap dua, dan 32 porsi untuk petugas daerah,” ujar Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Kalsel H Noor Fahmi.

Diungkapkannya, masa pelunasan tahap dua akan dilaksanakan pada 16 hingga 25 Mei 2018, dan diperuntukkan bagi calon jemaah haji yang mengalami kegagalan sistem pada pelunasan BPIH tahap kesatu.

Kemudian, untuk berstatus pernah berhaji yang telah berusia 18 tahun atau sudah menikah yang nomor porsinya masuk pada tahap pertama, untuk pengajuan penggabungan suami/istri atau anak kandung/orang tua terpisah, yang salah satunya telah melunasi di tahap pertama.

Serta, pendamping lanjut usia minimal 75 tahun yang telah melunasi BPIH tahap pertama, dan bagi pengajuan lanjut usia minimal 75 tahun yang dapat disertai dengan satu orang pendamping.

“Untuk Kalsel, hingga saat ini tidak ada laporan calon jamaah haji pada pelunasan tahap pertama yang mengalami gagal sistem. Artinya, 152 porsi sisa diperuntukan untuk urutan berikutnya,” ucapnya.

Ia membeberkan, untuk cadangan yang berasal dari jamaah haji yang berhak lunas tahun 2018 sebanyak 5 persen, diharapkan juga dapat melunasi di tahap kedua ini.

“Untuk cadangan tidak mempengaruhi kuota 152 orang tersebut. Mereka akan mengisi jika sampai akhir pelunasan tahap kedua masih ada sisa,” pungkasnya.

Secara nasional, dari kuota 202.488 orang, hingga saat ini yang tidak melunasi sebanyak 13.532 orang.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.