Aklamasi, Raja Banjar Sultan Khairul Saleh Pimpin Forum Silaturahmi Keraton Nusantara

FORUM Silaturahmi Keraton Nusantara (FSKN) memilih secara aklamasi Sultan Khairul Saleh untuk memimpin forum ini untuk masa bakti 2018 – 2023. Sultan Banjar ini menggantikan Ketua Umum FSKN periode sebelumnya Sinuhun Tedjowulan.

PEMILIHAN Ketua Umum  Forum Silaturahmi Keraton Nusantara (FSKN) digelar di Swiss Bell Hotel Jakarta dan berlangsung penuh khidmat, Sabtu (5/5/2018). Sultan Khairul Saleh terpilih secara aklamasi dari para pemilik suara yang terdiri dari para sultan dan raja, datu, pelingdir, tumenggung, serta tetuha se-Nusantara.

Setelah terpilih menjadi Ketua Umum FSKN, Sultan Khairul Saleh dalam sambutannya menyampaikan, tekadnya untuk memajukan budaya Nusantara melalui organisasi ini bersama  para raja dan sultan se- Nusantara. Selain itu, mantan Bupati Banjar ini menegaskan berusaha untuk merangkul semua pihak, termasuk yang punya perbedaan pandangan.

“Saya bersama para raja dan sultan yang tergabung dalam FSKN akan berusaha semaksimal mungkin untuk memajukan budaya Nusantara,” ucap Khairul Saleh, usai terpilih kepada jejakrekam.com, Sabtu (5/5/2018).

Menurut Sultan Khairul Saleh, berdasarkan pendapat yang berkembang di forum, maka secara umum tampak para raja dan sultan Nusantara berharap banyak. Mereka memberikan kepercayaan agar Sultan Khairul saleh sebagai ketua umum dapat membawa organisasi menjadi semakin ke depan, sehingga budaya Indonesia akan semakin kuat dan mampu menghadapi tantangan budaya luar, sekaligus memperkuat NKRI yang menjaga  kebhinnekaan dan kemajemukan bangsa Indonesia.

Acara pemilihan Ketua Umum FSKN ini juga dihadiri  perwakilan raja dan sultan yang berasal dari Brunei Darussalam, Malaysia, Singapura, serta peninjau dari Thailand dan India. Kemudian juga Penasihat FSKN Mooryati Sodiebjo dan Sekjen FSKN  Nanik dari Universitas Tarumanegara yang juga baru saja terpilih pada kegiatan tersebut.(jejakrekam)

Penulis Syahminan
Editor Didi G Sanusi