Apindo Kalsel Sambut Investasi dari Luar, Asal Pekerja Lokal Direkrut

0

SERBUAN tenaga kerja asing (TKA) yang didominasi asal Tiongkok, India, Bangladesh, Pakistan serta negara-negara lainnya menjadi isu nasional. Tak mengherankan, jika Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor mengingatkan agar perusahaan baik berasal dari investasi asing maupun lokal lebih memprioritaskan buruh lokal dalam rekrutmennya.

NAMUN, agar mudah bersaing dengan TKA, Paman Birin-sapaan akrab Gubernur Kalsel ini menekankan pentingnya para pekerja lokal untuk meningkatkan kompetensi dan keahlian, agar bidang kerja itu tak direbut TKA. Hal ini terkait dengan kebijakan pasar bebas yang berlaku di zona Asia Tenggara.

“Saya sangat menyambut baik adanya kegiatan kolaborasi semacam ini. Karena bisa menjadi salah satu cara yang tepat untuk menggambarkan ke khalayak luas, bahwa Kalsel merupakan daerah ramah terhadap investasi,” ujar Paman Birin, usai membuka Jalan Sehat May Day di Banjarmasin.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kalimantan Selatan, Dr H Supriadi berharap, para buruh bisa tetap ikut menjaga kondusifnya aktivitas ekonomi di Banua. Hal ini ditegaskan Supriadi, dalam kegiatan jalan santai ratusan buruh dari lintas serikat pekerja memperingati May Day di Siring Nol Kilometer Banjarmasin, Selasa (1/5/2018).

“Dengan buruh ikut menjaga kondusifnya kegiatan ekonomi, maka tentu bisa mendorong makin tertariknya perusahaan luar untuk masuk berinvestasi di Kalsel,” kata Owner Travelindo Group itu.

Terkait kesejahteraan buruh di Kalsel, Supriadi mengklaim sudah mulai ada peningkatan seiring dengan terus membaiknya pertumbuhan ekonomi Kalsel, setelah sektor penopang ekonomi utama yakni pertambangan pasar dan harganya membaik di pasar global.

“Kami berharap dengan kondisi ini pertumbuhan ekonomi Kalsel bisa terus membaik. Dengan begitu tentunya tiap tahunnya kita bisa konsisten menaikkan kesejahteraan buruh melalui peningkatan standar upah minimum provinsi (UMP),” cetus Supriadi.

Dalam kegiatan jalan sehat kali ini agar lebih meriah, Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor memberikan bantuan satu unit sepeda motor dan uang tunai sebesar Rp10 juta pada 10 pemenang yang beruntung, serta doorprize lainnya. Tampak, sejumlah pejabat hadir seperti Sekdaprov Kalsel Abdul Haris Makkie, Kepala BPJS Ketenagakerjaan, Kepala BPJS-Kesehatan, Kepala Dinas Transmigasi dan Tenaga Kerja Kalsel, dan undangan lainnya.(jejakrekam)

 

Penulis Afdi Achmad
Editor Afdi Achmad

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.