Gang Rijani Bersolek, Istri Walikota Banjarmasin Berharap Jadi Contoh Kawasan Lain

0

KESAN kumuh ingin dibuang jauh-jauh warga Jalan Banua Anyar Gang Rijani RT 4, Kelurahan Banua Anyar, Kecamatan Banjarmasin. Mereka pun kreatif dengan menciptakan kawasan ramah anak yang alamiah dan bermanfaat untuk keluarga bersantai.

SANG ‘arsitek’ Khairuni mengungkapkan pembuatan taman ini untuk menyulap kawasan yang semula kumuh menjadi lebih nyaman dilihat dan dinikmati. Apalagi, menurut dia, pihak kelurahan juga mendorong agar Gang Rijani menjadi kawasan alamiah ramah anak.

“Makanya, kami bersama ketua RT menginisiatif dengan mengumpulkan warga. Alhamdulillah, seluruh warga RT 4 Banua Anyar hingga terbentuk kawasan ramah anak ini. Semua biaya itu berasal dari kantong masyarakat,” ucap Khairuni kepada wartawan, Senin (30/4/2018).

Pria yang akrab disapa Uun ini menjelaskan dalam mempermak kawasan itu, warga pun antusias mengumpulkan barang-barang bekas untuk disulap menjadi benda berguna. Hasilnya, kini Gang Rijani pun telah tampil berbeda dengan adanya Taman Bermain Kahimungan.

“Contohnya seperti pohon-pohon yang tidak berguna, kita tebang agar menjadi bermanfaat. Dari barang bekas, kemudian kami bentuk jadi taman dengan panjang lokasi 150 meter,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Banjarmasin Siti Wasilah saat mengunjungi Taman Bermain Kahimungan tersebut sangat mengapresiasi kreativitas masyarakat. “Mereka luar biasa sekali bisa membangun ruang terbuka untuk keluarga dan anak-anak di lingkungan ini,” kata istri Walikota Banjarmasin Ibnu Sina.

Ia berharap pola semacam ini bisa ditiru warga Banjarmasin di kawasan lain. Apalagi, menurut Siti Wasilah, kekompakkan ketua RT, warga dan Pokdarwis Banua Anyar justru memilih metode hemat biaya dengan memanfaatkan barang-barang bekas menjadi berguna. “Mudah-mudahan kampung lainnya bisa terus mengembangkan model-model seperti ini,” ujar bu dokter ini.

Bagi Wasilah, mengubah kawasan kumuh menjadi kawasan alami dan ramah bagi anak-anak perlu terus digenjot, agar Banjarmasin semakin dikenal sebagai kota yang ramah anak.

“Hal semacam ini dibutuhkan masyarakat kita. Semoga adanya tempat ramah anak ini juga disusul dengan adanya taman bacaan. Tentu saja, Taman Bermain Kahimungan ini nantinya bisa membuat nyaman anak-anak dan ibu yang mendampingi mereka. Yang pasti, kawasan ini jauh dari keramaian dan padatnya lalu lintas, sehingga tergolong aman untuk sebuah taman,” papar Wasilah.

Untuk itu, Ketua Tim Penggerak PKK Banjarmasin ini berharap agar kampung-kampung seperti Gang Binjai yang telah bersolek terus dibuat di kelurahan lainnya atau di setiap RW. “Mudah-mudahan kota kita semakin ramah untuk anak-anak,” pungkas Wasilah.(jejakrekam)

Penulis Arpawi
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.