Adu Keahlian Mengarungi Sungai Martapura dengan Galon Air Mineral

DIPERKENALKAN sejak 1998, lomba mengarungi sungai dengan berbekal galon air mineral yang dirangkai mirip rakit menjadi trademark Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjary (Uniska MAAB). Kali ini, dalam even bertajuk Galon Rafting Competition IV Gubernur Kalsel Cup 2018 di Sungai Martapura, diikuti perwakilan tiga provinsi.

KALIMANTAN Selatan selaku tuan rumah mengirim 26 tim, disusul 6 tim mewakili Kalimantan Tengah dan satu tim dari Jawa timur. Mereka berlomba adu kecepatan mengarungi sungai dengan galon untuk menyabet jawara dengan hadiah uang pembinaan Rp 15 juta plus tropi.

Even yang dibuka resmi Gubernur Kalsel Sahbirin Noor di Menara Pandang, Siring Tendean, Sabtu (28/4/2018 merupakan agenda rutin geberan Mapala Uniska MAAB. Sebelumnya, secara gradual, agenda tahunan ini dimulai pada 2005, berlanjut 2006, hingga bertaraf nasional dimulai pada 2011 dan regional Kalimantan pada 2015.

Para tim yang berlaga adu keahlian mengendalikan galon layaknya perahu di atas air dengan kategori best tim, best rafter, best time dan best supporter. “Setiap tim akan dilengkapi dayung sebagai pengayuh dan alat keamanan berupa life jacket,” ucap anggota Mapala Uniska MAAB, Ahmad Said Syahdi.

Mahasiswa Fakultas Hukum Uniska MAAB ini mengatakan keahlian mengayuh dan mengendalikan galon layaknya perahu dibutuhkan latihan khusus. Jika tidak, maka peserta akan cepat tenggalam di sungai.

IKLAN TENGAH

Usai penebaran bibit ikan di Sungai Martapura, di kawasan Siring Tendean, Gubernur  Sahbirin Noor pun berharap lomba semacam ini bisa menggugah kepedulian para mahasiswa untuk menjaga kelestarian sungai yang ada di Kalsel.

Sementara itu, Walikota Banjarmasin Ibnu Sina yang mengibarkan bendera start tanda lomba adu kecepatan mengayuh galon memperebutkan piala Gubernur Kalsel berharap even semacam ini bukti dukungan warga kampus terhadap program penataan sungai di Banjarmasin.

“Di samping mereka bertanding, tim-tim yang ikut lomba juga bisa menikmati sungai-sungai yang ada di Banjarmasin. Apalagi, galon rafting merupakan permainan olahraga di sungai. Ini ditambah, Sungai Martapura telah menjadi wadah utama untuk menggelar even-even olahraga lainnya seperti lomba jukung, lomba perahu hias dan lainnya,” kata Ibnu Sina.

Mantan anggota DPRD Kalsel asal PKS ini mengatakan Pemkot Banjarmasin telah meluncurkan 36 even dalam program wisata susur sungai. “Semoga setiap bulann, ada terus lomba yang berbasis sungai,” tandasnya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Fahriza
Anda mungkin juga berminat
Loading...

Adu Keahlian Mengarungi Sungai Martapura dengan Galon Air Mineral