Gagal Tuan Rumah PON Tahun 2024, Pemprov Kalsel Tetap Bangun Sport Center

0

KALAH bersaing dengan Aceh dan Sumatera Utara dalam pemilihan tuan rumah PON tahun 2024, tak menyurutkan langkah Pemprov Kalsel membangun sport center.

GUBERNUR Kalsel H Sahbirin Noor mengatakan, Pemprov Kalsel terus menyiapkan diri dari berbagai sisi, termasuk meneruskan rencana pembangunan sport center yang sudah masuk tahap permulaan.

Terlebih, katanya, PON bukanlah tujuan akhir dari cita-cita pembangunan daerah. Karena tujuan utama adalah meningkatkan olahraga di banua. “Olahraga menjadi salah satu prioritas pembangunan untuk meningkatkan kesehatan serta mengolahragakan masyarakat yang tentunya harus ditunjang sarana yang memadai termasuk pembangunan sport center sebagai sarana induk olahraga,” tuturnya

Menurutnya, sport center bukan hanya untuk PON semata. Tetapi merupakan embrio guna mewujudkan sport city atau kota olahraga. Dimana nantinya, di kawasan tersebut akan dilengkapi dengan berbagai sarana dan fasilitas seperti objek atau tempat rekreasi, bermain dan berwisata, mall, dan lainnya.

Paman Birin menambahkan, pemerintah daerah sudah memiliki rencana prospektif yang lebih jauh dan panjang terhadap kawasan di sekitar sport center tersebut. “Jadi kita tetap teruskan pembangunan sport center ini, karena substansinya untuk mengolahragakan masyarakat untuk jadi lebih sehat,” kata dia.

Dsinggung, tak terpilihnya Kalsel sebagai tuan rumah penyelenggara, ia mengaskan, Pemprov Kalsel sudah berupaya maksimal berjuang untuk meraih penetapan itu hingga melibatkan secara lengkap seluruh jajaran SOPD/lembaga maupun organisasi saat voting suara di Jakarta. “Tetapi, garis nasib belum memihak Kalsel, maka harus lapang dada sekaligus terus bersiap diri melakukan pembenahan,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Ipik Gandamana
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.