ACT

Rp 36,39 M untuk Preservasi Rekonstruksi Jalan dan Pemeliharaan Rutin Jembatan

0 393

PEMPROV Kalsel mulai melaksanakan beberapa proyek di bidang infrastruktur jalan dan jembatan (bina marga). Salah satu yang dikerjakan adalah ruas jalan dari kawasan Pelabuhan Trisakti hingga Rantau, Kabupaten Tapin.

PENGERJAAN yang termasuk wewenang Satuan Kerja (Satker) Pelaksana Jalan Nasional Wilayah II Kalsel itu, bernilai Rp 36,39 miliar, untuk preservasi rekonstruksi jalan dan pemeliharaan rutin jembatan.

Ruas jalan yang termasuk dalam paket ini adalah Jalan Gubernur Subarjo, Gubernur Syarkawi, dan sebagiam Jalan Ahmad Yani dari Banjarbaru, Kabupaten Banjar, hingga Kabupaten Tapin.

“Paket pekerjaan ini long segment, bukan dipecah per titik. Tapi digabung seluruhnya. Apa saja yang diperlukan, itu mana-mana yang ditangani,” beber Kepala Satker Pelaksana Jalan Nasional Wilayah II Kalsel Muntaal Badrun, Rabu (18/4/2018).

Menurut Taal, paket long segment itu jika ditotal jarak lebih dari 100 kilometer, yang ditangani dengan sokongan Anggaran Pendapatan dan Belanja egara (APBN). Jarak lebih dari 100 kilometer yang ditangani tersebut, didominasi oleh pemeliharaan rutin.

“Rekonstruksinya di Jalan Gubernur Syarkawi sepanjang dua kilometer dan di ruas Jalan Ahmaf Yani di Martapura-Desa Tungkap. Yang lainnya dari kawasan Pelabuham Trisakti hingga Rantau, hanya pemeliharaan rutin,” tuturnya.

Jembatan Basirih, lanjutnya, juga termasuk dalam proyek pemeliharaan. Sementara, ruas jalan Marabahan-Margasari paketnya terpisah. “Dari 100 kilometer lebih yang kami tangani, sebagian pemeliharaan dan sebagian rekonstruksi,” imbuhnya.

Selaim paket Trisakti-Rantau, dana sebesar Rp 42,44 miliar juga dikucurkan untuk paket long segmen reservasi pelebaran jalan dan pemeliharaan rutin jembatan Marabahan-Kandangan.(jejakrekam)

Penulis Sayyidil Ahmada
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.