Studi Komparasi Bahas LKPj Kepala Daerah ke Daerah Istimewa Yogyakarta

PANSUS I Pembahasan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Kepala Daerah Kalimantan Selatan Tahun Anggaran 2017 bertandang ke DPRD Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) guna mempelajari pembahasan LKPj di daerah tersebut, Senin (16/4/2018).

ANGGOTA Pansus I DPRD Kalimantan Selatan, H Suripno Sumas mengatakan, kunjungan untuk pembanding dalam mengevaluasi kinerja pemerintah DIY yang termuat dalam LKPj.

Bahan pembanding ini,  diungkapkan dia untuk mengetahui keterukuran antara Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) dengan kegiatan yang dilaksanakan di tahun 2017.

Pansus I DPRD Kalsel bertandang ke DPRD DIY untuk mengetahui sistem yang menjadi tolak ukur dalam pembahasan LKPj kepala faerah di Yogjakarta yang dibahas DPRD-nya.”DPRD DIY hampir rampung membahas LKPj Kepala Daerah Tahun Anggaran 2017,” kata legislator PKB ini.

Iklan Samping 300×250

Wakil Ketua Komisi I DPRD Kalsel ini menegaskan, kegiatan Pansus I ini juga untuk menambah wawasan dan bahan masukan dalam pembahasan LKPj Kepala Daerah Kalsel 2017, sesuai bidangnya yakni pemerintahan dan hukum.

Wakil Ketua DPRD Kalsel Asbullah,menambahkan, pihaknya studi komparasi terkait pembahasan LKPj Kepala Daerah Kalsel Tahun Anggaran 2017 ke DPRD DIY.

Dari hasil studi komparasi ini banyak hal yang bisa disharing sebagai bahan di daerah dalam rangka memberikan rekomendasi evaluasi LKPj yang disampaikan ke gubernur. “Dari kegiatan komparasi ini, pansus selanjutnya akan membahas lagi hasil yang di dapat dengan hasil rapat dengar pendapat bersama mitra kerja,” ucap Asbullah.

Politisi PPP ini mengungkapkan karena LKPj bukan lagi LPj, dan gubernur juga sifatnya hanya menyampaikan keterangan, sementara dewan hanya memberikan rekomendasi terhadap keterangan itu, tentu selanjutnya tinggal gubernur melaksanakan dari rekomendasi itu.

“DIY unik karena gubernurnya tidak dipilih tapi diangkat dan itu membuat nuansanya berbeda dari daerah lain. Tapi, meski gubernurnya juga seorang raja, ternyata cukup aspiratif dan itu disampaikan oleh DPRD DIY,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Ipik Gandamana
Editor Andi Oktaviani
Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.