Sukses, Ziarah Kubro Susur Sungai Dipastikan Jadi Agenda Tahunan Banjarmasin

PROMOSI Banjarmasin dengan wisata susur sungainya makin gencar. Ziarah kubro para auliya ulama dan umaro yang ada di ibukota Provinsi Kalimantan Selatan dirangkai dengan peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW dengan moda transportasi sungai. Sedikitnya, ada 20 klotok yang diikuti lebih dari 400 peserta mengelilingi alur Sungai Barito dan Sungai Martapura membelah Kota Banjarmasin, Sabtu (14/4/2018).

PESERTA pun tak hanya dari Banjarmasin, ada pula datang dari Samarinda (Kaltim) dan kota lainnya di Kalimantan Tengah.  Rute pun dimulai dari Kubah Habib Basirih (Habib Hamid bin Abbas Bahasyim), Kubah Surgi Mufti (Syekh Jamaluddin Al Banjary) di Sungai Jingah, dan berakhir di Masjid dan Makam Sultan Suriansyah di Kelurahan Kuin Utara, Kecamatan Banjarmasin Utara.

Bahkan, Pangeran Nuryakin yang termasuk keluarga kekerabatan Kesultanan Banjar pun dalam wisata religi menerangkan sejarah panjang Banjar. Terutama, kelahiran Kesultanan kepada para peserta ziarah kubro di atas sungai. Konvoi klotok ini pun mendapat pengawalan dari aparat kepolisian dan TNI.

Iklan Samping 300×250

“Alhamdulillah, Ziara Kubro Susur Sungai I (ZKKS) pada tahun ini melebih ekspektasi. Untuk ukuran acara perdana terbilang spektakuler. Apalagi, acara ini juga disponsori beberapa perusahaan. Insya Allah, agenda ini akan menjadi acara rutin yang akan digelar setiap tanggal 27 Rajab,” ucap Habib Fathur Bahasyim kepada wartawan.

Ziarah kubro juga diisi dengan tausyiah yang disampaikan Habib Fuad Hasan Bahasyim dan Habib Abu Bakar bin Salim Alatas. Kedua habib ini datang jauh-jauh datang dari Kota Semarang, Jawa Tengah.  Di tengah acara, Habib Fathur Bahasyim pun melelang mushaf Alquran yang hasilnya disumbangkan untuk Mushala Habib Hamid Bahasyim.

“Perlu saya ingatkan kembali bahwa sungai bukan tempat sampah. Jadi, seluruh peserta dilarang keras membuang sampah ke sungai. Ini pentingnya menjaga kebersihan sungai,” ucap Habib Fathur.(jejakrekam)

 

Penulis Asyikin
Editor Fahriza
Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.