Ketika 50 Perempuan Berbanding Satu Pria, Hari Kiamat Sudah Dekat

PEMBACAAN Kitab Kiamat Hampir Tiba di Masjid Jami Abdurrahim Muara Teweh, Sabtu (14/4/2018) pagi dipadati para jamaah baik laki-laki dan perempuan. Pengajian kitab yang dipimpin KH Ahmad Fahmi Zamzam Al Banjari juga dirangkai dengan peringatan haul ke-13 KH Muhammad Zaini Abdul Ghani atau Guru Sekumpul.

PENGAJIAN kitab yang disusun KH Ahmad Fahmi Zamzam, akrab disapa Abuya ini menerangkan tanda-tanda kiamat yang mulai tampak belakangan ini. Buku setebal 275 halaman itu satu per satu dibacakan Pengasuh Pondok Pesantren Yasin Kota Muara Teweh ini. Di hadapan ribuan jamaah, Abuya pun mengartikan maksud dari isi kitab yang diajarkan kepada para muridnya.

Menurut Abuya, kiamat hampir tiba berkaitan dengan seluruh aspek kehidupan manusia. Dia menjelaskan bagaimana kehidupan manusia di akhir zaman. “Saat itu adalah ketika perempuan berbanding lima puluh dengan laki-laki. “Hal ini tentu saja berhubungan dengan moral umat. Maka, manusia sudah berada di akhir zaman,” papar Abuya.

Iklan Samping 300×250

Dia juga menerangkan banyak umat yang melaksanakan haji dan umrah ke Tanah Suci Makkah dan Madinah, namun nilai ibadahnya nihil. “Mereka hanya bertamasya atau jalan-jalan bersama anak dan istri, bahkan keluarganya,” tutur Abuya.

Ia menerangkan di akhir zaman, banyak alat tulis namun menulis bukan untuk kebaikan tetapi lebih condong banyak memproduksi fitnah. “Mulai sekarang, umat harus mengamati dan mengkaji apa yang telah terjadi sekarang. Ini agar umat lebih memahami dan mengamalkan kebaikan,” ucapnya.

Usai pengajian bertempat di Masjid Jami Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara pada Minggu (15/4/2018) akan dilanjutkan dengan peringatan haul ke-13 Guru Sekumpul yang akan dihadiri tokoh agama, toko masyarakat, serta masyarakat yang digelar dari pagi hingga sore hari.(jejakrekam)

 

Penulis Syarbani
Editor Didi G Sanusi
Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.