Ditarget Juni, Pelindo III Segera Bangun Pelabuhan Trisakti Baru di Mantuil

MENINDAKLANJUTI nota kesepahaman (memorandum of understanding) antara Pemkot Banjarmasin dengan PT Pelindo III di Surabaya, Jawa Timur, pada Selasa (3/5/2016) silam, Direktur Utama PT Pelindo III I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra mendatangi Balai Kota Banjarmasin, Rabu (11/4/2018).

PERUSAHAAN plat merah ini berjanji akan mengembangkan Pelabuhan Trisakti Baru di atas lahan seluas 400 hektare di kawasan Mantuil, Kecamatan Banjarmasin Selatan. Keseriusan ini diwujudkan PT Pelindo III dengan meneken MoU bersama Pemkot Banjarmasin. Sang direktur I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra pun membubuhkan tandatangan dengan posisi setara Walikota Ibnu Sina.

“Kami menargetkan pembangunan pelabuhan di wilayah Mantuil, Banjarmasin Selatan bisa terealisasi pada semester kedua tahun 2018 ini. Ya, semoga tahap pembangunan awal bisa terlaksana pada Juni 2018, atau setelah Lebaran Idul Fitri,” kata mantan Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk ini.

Menurut Ngurah Askhara, sebelum pembangunan Pelabuhan Trisakti Baru di wilayah Mantuil, terlebih dulu harus ditopang infrastruktur jalan yang baik. Untuk itu, mantan Head of Natural Resources ANZ Bank Indonesia mengatakan PT Pelindo III akan berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum untuk memperbaiki akses jalan ke lokasi rencana pembangunan Pelabuhan Trisakti Baru.

PPMI2

“Untuk membangun Pelabuhan Trisakti Baru Banjarmasin, kami akan menggelontorkan dana investasi tahap awal sekitar Rp 200 miliar,” kata I Gusti Ngurah Askhara ini.

Kejelasan PT Pelindo III untuk berinvestasi di kawasan Mantuil diapresiasi Walikota Ibnu Sina. Ia mengakui seharusnya penandatanganan MoU ini di awal tahun, namun tertunda karena Pemkot Banjarmasin ingin mengevaluasi terlebih dulu. “Sebab, sudah kali pernah melakukan MoU dengan PT Pelindo III,” ucap Ibnu Sina.

Alasan evaluasi itu diakui mantan Ketua DPW PKS Kalsel ini untuk memastikan adanya jaminan kontribusi bagi pendapatan asli daerah dengan hadirnya pelabuhan baru di kawasan Mantuil. “Untuk memperkuat kerjasama dengan PT Pelindo III, kami akan segera membuat peraturan daerah (perda). Ya, seperti perda kelebihan muatan. Sejauh ini tidak pernah kita pungut, sehingga hal itu menjadi potensi bagi pendapatan kota,” papar Ibnu Sina.

Menariknya, Ibnu Sina pun menagih janji dua dari tiga perjanjian sebelumnya di Surabaya dengan PT Pelindo III. Sebab, dalam perjanjian sebelumnya, tak hanya Pelabuhan Trisakti Baru yang dibangun, namun juga pengembangan Pelabuhan Basirih  untuk bongkar muat hasil hasil pertanian dan CPO, serta bawang. “Dalam tanda petik, kami juga menagih janji rencana pembangunan Rumah Sakit Pelindo Husada Cipta (PHC) di Pelabuhan Martapura Lama,” pungkas Ibnu Sina.(jejakrekam)

 

Penulis Arpawi
Editor Didi G Sanusi
Anda mungkin juga berminat
Loading...

Ditarget Juni, Pelindo III Segera Bangun Pelabuhan Trisakti Baru di Mantuil