Sinergitas TNI AD dan Pemkot Banjarmasin untuk Pembenahan Sungai Martapura

0

PANGDAM VI/Mulawarman Mayjend Subiyanto bersama Walikota Banjarmasin Ibnu Sina dan Danrem 101/Antasari Kolonel Inf Yudianto Putrajaya, susur Sungai Martapura, Sabtu (7/4/2018).

PANGDAM VI/Mulawarman Mayjend Subiyanto mengungkapkan, pihaknya selama 90 hari menggelar program TNI AD Peduli Lingkungan, yang juga melibatkan prajurit matra laut dan udara, serta kepolisian.

Dalam program ini, pihaknya melakukan pembenahan kawasan sungai, termasuk rumah-rumah yang berada di bantaran Sungai Martapura agar indah dan bisa menjadi kawasan wisata.

Pembenahan, ucapnya, agar sungai menjadi indah. Disadari, lalulintas darat semakin macet, maka transportasi sungai bisa menjadi alternatif angkutan massa bagi warga Banjarmasin.

“Sudah berkonsultasi dengan Walikota Banjarmasin agar beranda rumah warga menghadap sungai. Program ini digelar hingga Agustus nanti,” imbuhnya.

Walikota Banjarmasin Ibnu Sina mengucapkan terima kasih atas sinergitas program antara TNI AD dan Pemkot Banjarmasin.

“Kita ingin menjadikan kawasan sungai di Banjarmasin sebagai Ikon wisata. Untuk itu, pembenahan kawasan bantaran sungai menjadi prioritas utama,” kata mantan anggota DPRD Kalsel ini.

Tahun lalu, bebernya, Pemkot Banjarmasin bersama TNI membenahi kawasan Sungai Bilu. maka tahun ini, diharapkan bisa melakukan pembenahan kawasan Kampung Melayu.

“Rumah yang dulunya membelakangi sungai, diharapkan bisa diubah agar menghadap sungai. Juga dibuat siring atau titian yang membatasi pemukiman agar tidak menjorok ke sungai,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.