Dirgahayu

30 Petugas Pintu Utama Lapas dan Rutan Dibekali Ilmu Pengamanan

SEBANYAK 30 petugas pada Lapas/Rutan di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalsel mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Teknis Petugas Pengamanan Pintu Utama (P2U) selama Tujuh hari di Hotel Palm Banjarmasin. 

PELAKSANA Harian (Plh) Kepala Kanwil Kemenkumham Kalsel, Edy MS Hidayat mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan dalam rangka meningkatkan pelayanan masyarakat dan pemeliharaan keamanan dan ketertiban lapas dan rutan yang teratur, aman dan tenteram adalah optimalisasi kinerja Petugas P2U.

“Keberadaan pintu utama  sebagai benteng pertahanan awal apabila ada pergerakan serangan dari luar, dan sebagai benteng pertahanan terakhir apabila serangan pemberontakan terjadi dari dalam yang seringkali dilakukan penghuni,” ucapnya.

Oleh sebab itu, papar Edy diperlukan sumber daya manusia (SDM) yang mampu melakukan pencegahan, penindakan dan pemulihan terhadap gangguan keamanan dan ketertiban secara cepat, responsif, dan terkoordinasi, sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan prosedur yang berlaku.

“Diselenggarakannya pendidikan dan pelatihan petugas pengamanan pintu utama untuk menciptakan SDM yang berkompeten dalam pelaksanaan tugas guna tercapainya tujuan Pemasyarakatan menciptakan situasi kondisi yang aman dan tertib sehingga diperlukan langkah strategi pengamanan untuk mengantisipasi terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban,” jelasnya.(jejakrekam)

 

Penulis Asyikin
Editor Fahriza