Saat Pancaroba, Awas Influenza dan Deman Berdarah Mengintai

0

ANOMALI cuaca yang melanda Kalimantan Selatan dan sekitarnya, sangat rawan memicu bermunculan berbagai penyakit. Saat panas kemudian dibilas dengan turunnya hujan, membuat kondis ketahanani tubuh akan menurun tajam.  Akhirnya, beberapa penyakit seperti pileks, influenza dan sebagainya akan terserang ketika stamina tubuh tak mampu menangkalnya.

KETUA Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kalsel dr Muhammad Rudiansyah M.Kes,Sp mengungkapkan saat perubahan cuaca yang cukup ekstrim seperti sekarang, panas berganti hujan atau sebaliknya jika ketahanan fisik seseorang menurun drastis, akan lebih mudah terserang beberapa penyakit.

“Paling utama penyakit yang muncul di musim hujan adalah influenza. Jika hujan tidak teratur, maka deman berdarah, terutama saat terjadi hujan panas. Ini merupakan menjadi masalah nasional ketika memasuki pancaroba, bukan hanya Kalsel,” ucap Rudiansyah kepada jejakrekam.com, Jumat (30/3/2018).

Dokter lulusan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta ini mengatakan yang paling rentan terserang adalah para pasien yang tergolong imunokompramais atau daya tahannya rendah, seperti orangtua. Sebab, menurut Rudiansyah, taraf influenza bisa tergolong ringan hingga berat bagi yang orang rendah daya tahan tubuhnya.

“Untuk mengantisipasi masalah serangan influenza di tengah musim pancaroba, terpenting adalah olahraga fisik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Jangan keburu minum vitamin atau suplemen, karena kegiatan fisik itu sangat penting dalam menjaga kebugaran dan daya tahan tubuh,” papar dokter spesialis penyakit dalam ini.

Rudiansyah mengungkapkan sedangkan untuk menanggulangi agar serangan deman berdarah dengue tak menjadi kejadian luar biasa (KLB), penting sekali gerakan 3M (menguras, menutup dan mengubur) sampah dan tempat yang digenangi air, agar tak menjadi sarang nyamuk  aedes aegypti.

“Inilah mengapa pentingnya menjaga lingkungan tetap bersih. Apalagi, jika saat seperti sekarang yang hujan panas masih berlangsung,” tutur dokter yang juga berpraktik di RSUD Ulin Banjarmasin.(jejakrekam)

 

 

Penulis Ahmad Husaini
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.