Jelang Kedatangan Jokowi, Pangdam VI/Mulawarwan Pantau Komplek Sekumpul

0

PENGAMANAN untuk menyambut kedatangan Presiden RI Joko Widodo yang direncanakan turut membaur bersama jutaan jamaah dalam memperingati haul akbar ke-13 Syekh Muhammad Zaini Abdul Ghani atau Abah Guru Sekumpul, terus dilakukan di bawah kendali jajaran Kodom VI/Mulawarwan. Apalagi, ribuan jamaah haul Guru Sekumpul telah memadati jalan dan gang-gang di seputaran Komplek Sekumpul Martapura, Minggu (25/3/2018).

UNTUK memastikan situasi aman terkendali, Panglima Kodam VI/Mulawarman Mayen TNI Subiyanto selaku Pangkoops PAM VVIP RI didampingi Dansatgas Wilayah Kolonel Inf Yudianto Putra yang juga Danrem 101/Antasari, memantau situasi ke arah Komplek Sekumpul melalui Jalan Pendidikan dan berbelok ke Sekumpul.

“Saat ini, sudah terlihat ratusan ribu jamaah terus mengalir menuju arah Sekumpul. Namun, kondisi keamanan tetap kondusif dan terjaga. Ini semua berkat sinergitas aparat keamanan bersama relawan haul akbar ke-13 Abah Guru Sekumpul,” ucap Mayjen TNI Subiyanto.

Mengenai persiapan kedatangan orang nomor satu di Indonesia, Pangkoops memprediksi sebelum shalat Maghrib, Jokowi telah memasuki areal Mushalla Ar Raudhah.  Sesuai rencana, Presiden Jokowi pun akan membaur dengan jutaan jamaah yang menghadiri peringatan tahunan wafatnya ulama kharismatik Kalsel tersebut.

“Kami pastikan kedatangan Presiden Jokowi seperti jamaah lainnya, tidak ada protokoler. Namun, tetap mengikuti aturan yang dibuat Panitia Haul Abah Guru Sekumpul. Ada kemungkinan, beberapa alternatif yang akan dilewati Presiden Jokowi, namun beliau memang lebih suka jalan kaki,” tegas Subianto.

Senada itu, Danrem 101/Antasari Kolonel Inf Yudianto Putrajaya mengaku gembira karena sambutan masyarakat, khususnya para jamaah terhadap para tamu sangat ramah. Apalagi, menurut Putra, hubungan yang  sudah terjalin antara aparat keamanan dan jamaah sangat baik, sehingga kedatangan Presiden Jokowi akan disambut layaknya tamu-tamu yang menghadiri acara haulan Abah Guru Sekumpul. “Para jamaah itu juga turut menantikan kedatangan Presiden Jokowi,” ucap Putra.

Sementara itu, Pangeran Iberahim yang juga Ketua DPW Partai Bulan Bintang (PBB) Kalsel yang turut tergabung dalam riban jamaah haul akbar Abah Guru Sekumpul, memprediksi pada malam puncak akan dihadiri sedikitnya 1 juta lebih manusia.

“Sejak Sabtu (24/3/2018), lautan massa sudah terlihat di dalam maupun halaman Mushalla Ar Raudhah, ini belum lagi yang berada di depan toko dan kios di seputar Komplek Sekumpul.  Semua ini karena para jamaah memang ingin mengikuti acara puncak haul akbar ke-13 yang digelar pada Minggu (25/3/2018) usai shalat Isya berjamaah,” tutur Iberahim.(jejakrekam)

 

 

Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.