ACT

Manaqib Syekh Muhammad Zaini bin Abdul Ghani Al Banjary

0 6.667

AL’AALMUL fadhil al’aalimul ‘allaamah al’arif billah Assyaikh Alhajj Muhammad Zaini bin Abdul Ghani bin Abdul Manaf bin Muhammad Semman bin Muhammad Sa’ad bin Abdullah bin Mufti H Muhammad Khalid bin Khalifah H Hasanuddin bin Syaikh Muhammad Arsyad Al-Banjary (Datu Kalampayan). Beliau adalah seorang zuriyat Datu Kalampayan (Syaikh Muhammad Arsyad bin Abdullah Al-Banjary).

BELIAU juga adalah zuriyat Rasulullah SAW dari jalur turunan dari Sayyidina Husein RA (cucu Rasulullah SAW). Marga beliau adalah Alaydrus. Ayahnya bernama H Abdul Ghani bin Abdul Manaf Al-Banjary. Sedangkan, ibunya bernama Hj Masliyah binti H Mulya (adik kandung dari H.Semman Mulya/guru padang).

Dilahirkan pada malam Arba’ 27 Muharram 1361 Hijriyah bertepatan dengan 11 Februari 1942 Masehi di Kampung Tunggul Irang Seberang, Martapura, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan. Selama tinggal di Tunggul Irang, beliau tiada menyusu dengan ibunya, hanya menghisap liur Al’aarif billah H AbdurRahman atau H Adu sampai kenyang selama 40 hari.

Nama beliau selagi kecil adalah Qusyairi. Sejak kecil termasuk salah seorang yang mahfudz, yaitu suatu keadaan yang sangat jarang terjadi, kecuali bagi orang-orang pilihan yang sudah ditentukan Allah Ta’ala. Beliau adalah salah seorang anak yang mempunyai sifat-sifat dan pembawaan lain dari yang lain, di antaranya adalah beliau tidak pernah ihtilam(mimpi basah).

Beliau yang sejak kecil selalu berada di samping kedua orangtuanya dan nenek beliau yang bernama Salbiyah. Sedangkan, Salbiyah ini adalah orang yang majzub artinya diangkat Allah Ta’ala, aqal basyariyahnya diganti dengan aqal rabbaniyah.

Di masa kanak-kanak beliau sudah mulai ditanamkan pendidikan tauhid dan akhlak oleh ayah dan nenek beliau sendiri, serta belajar membaca Alquran. Dengan demikian, guru pertama dalam bidang tauhid dan akhlaq adalah ayah dan nenek beliau sendiri yang selalu berada di sampingnya dan memimpinnya.

Meskipun kehidupan ekonomi kedua orangtua beliau dalam keadaan yang sangat lemah. Namun mereka selalu memperhatikan untuk membantu dan meringankan beban guru yang mengajar anak mereka membaca Alqur’an. Sehingga setiap malam beliau diberi bekal sebotol kecil yang berisi minyak tanah untuk diberikan kepada Guru Muhammad Hasan, Pasayangan Martapura yang mengajarkan kitab suci Alqur’an.

Dalam usia lebih kurang 7 tahun, beliau sudah mulai belajar di Madrasah Kampung Keraton Martapura selama 2 tahun. Kemudian meneruskan ke Madrasah Darussalam Martapura sampai tamat, dan tidak pernah sekolah SD.

Guru-Guru Abah Guru Sekumpul

Untuk tingkat ibtida di Keraton Martapura, guru-guru beliau adalah Guru Muhammad Zaini Umar, Guru Abdul Mu’iz. Sedangkan, guru beliau di tingkat ibtida di Pesantren Darussalam Martapura, adalah Guru Sulaiman, Guru H Abdul Hamid Husein, Guru H Mahli Abdul Qadir, Guru Muhammad Zein, Guru H Rafi’i, dan Guru Syahran.

Berlanjut di tingkat tsanawi dan aliyah, Guru Sekumpul diajari oleh Guru H Husein Dahlan, Guru Salman Yusuf, Guru H Sya’rani Arief, Guru H Husein Qadri, Guru H Salim Ma’ruf, dan Guru H Semman Mulya yang merupakan paman beliau, serta Guru Salman Jalil. Sedangkan, guru-guru di bidang tajwid, adalah Guru H Sya’rani Arief, Guru Nasrun Thohir yang merupakan seorang qori dan hafiz Quran, serta Guru H Aini Kandangan. Untuk guru khusus tasawuf dan suluk, Guru Sekumpul mendapat bimbingan dari Guru H Muhammad Syarwani Abdan(Guru Bangil), Kyai Falak Bogor dan Sayyid Muhammad Kutbi.

Untuk sanad dalam berbagai bidang ilmu dan tarekat yang diterima Guru Sekumpul adalah dari Sayyid Muhammad Amin Kutbi, Sayyid Abdul Qadir Albar, Sayyid Muhammad bin Alwi Al-Maliki, Syaikh Hasan Masyath, Syaikh Muhammad Yasin Padang, Kyai Falak Bogor, Syaikh Ismail Yamani. Sedangkan, guru pertama secara ruhani atau mimpi adalah Syaikh Ali Junayd Berau bin Qodhi H Muhammad Amin bin Mufti H Jamaluddin bin Syaikh Muhammad Arsyad Al-Banjary.

Selanjutnya, H Muhammad Syarwani Abdan (Guru BangiL), kemudian Guru Bangil menyerahkan kepada Kyai Hamid Pasuruan, kemudian Kyai Hamid Pasuruan menyerahkan kepada Kyai Falak Bogor. Lalu, Kyai Falak menyerahkan kepada Sayyid Muhammad Amin Kutbi, kemudian Sayyid Muhammad Amin Kutbi menyerahkan kepada Syaikh Muhammad Arsyad bin Abdull Al-Banjary, yang selanjutnya langsung dipimpin oleh Rasulullah SAW.

Atas petunjuk Syaikh Ali Junayd Berau, beliau dianjurkan untuk belajar kepada H Muhammad (Gadung) bin H Salman Al-Farisi bin Qodhi H Mahmud bin Asiah binti Syaikh Muhammad Arsyad Al-Banjary mengenai masalah Nur Muhammad. Maka dengan demikian di antara guru beliau tentang Nur Muhammad antara lain adalah H Muhammad.

Dalam usia lebih kurang 10 tahun, beliau sudah mendapat khushushiyyah dan anugerah dari Allah SWT berupa kasyaf hissi, yaitu melihat dan mendengar apa-apa yang di dalam ataupun yang terdinding.

Sewaktu beliau siyahah,yaitu berjalan-jalan di hutan,maka rumput-rumputan memberi salam kepada beliau dan menyebutkan manfaatnya untuk pengobatan dan sebagainya. Begitupula, batu-batuan dan besi, kesemuanya ini tidaklah beliau perhatikan dan hal-hal yang demikian itu beliau anggap hanya merupakan ujian dan cobaan.

Dalam usia kurang dari 14 tahun atau tepatnya masih duduk di kelas 1 tsanawiyah,beliau telah dibukakan oleh Allah ta’ala atau futuh tatkala membaca tafsir : وكان الله سميعا بصيرا

Beliau adalah seorang yang sangat mencintai para ulama dan orang-orang saleh. Hal itu tampak ketika beliau masih kecil di mana beliau selalu menunggu di tempat yang biasanya H ZainaL Ilmi bin Abdus Shamad Al-Banjari Dalam Pagar yang beliau lewati pada hari-hari tertentu, ketika hendak pergi ke Banjarmasin. Hal ini semata-mata hendak bersalaman dan mencium tangan Tuan Guru H ZainaL Ilmi bin Abdus Shamad Al-Banjary Dalam Pagar.

Di masa remaja, beliau pernah bermimpi bertemu dengan Sayyidina Hasan dan Sayyidina Husein (keduanya cucu Rasulullah SAW). Yang kemudian kedua cucu Rasulullah SAW, masing-masing membawakan pakaian dan memakaikan (memasangkan)kepada beliau lengkap dengan sorban dan lainnya. Diceritakan, warna pakaian beliau yang pink dan putih, dan beliau ketika itu diberi nama oleh keduanya dengan nama ZainaL Abidin. Pernah beliau berkunjung ke rumah Kyai Hamid Pasuruan (Habib Hamid bin Abdullah Basyaiban) di Pasuruan, Jawa Timur, lantas Kyai Hamid menyambut gembira kedatangan beliau. Kata Kyai Hamid,“Gubernur Kalimantan,,Gubernur Kalimantan,” yang maksudnya adalah Wali Kutub Kalimantan.

Beliau adalah seorang ulama yang menghimpun antara syari’at, thoriqat,dan haqiqat,dan juga seorang yang hafiz Qur’an dan tafsirnya,yaitu Tafsir Alquran Jalalain. Kata beliau, tiga bersaudara dunia akhirat,  yakni Alfaqir (itu beliau sendiri), Guru Bangil (KH Muhammad Syarwani bin H Abdan)dan Guru Padang (paman beliau, K.H.Muhammad Semman bin H Mulya).

Hingga, Guru Bangil berucap kepada Guru Semman : “kamu sama Zaini di Sekumpul, saya sendirian di Bangil, sembari Guru Bangil menangis. Diceritakan juga, ucapan Guru Bangil kepada Guru Semman, sembari meletakkan dahi ke paha Guru Semman. “Aku sebentar lagi mau pulang, “ kata Guru Bangil. “Aku minta do’a kepada kamu,” Lalu dijawab Guru Semman : Inggih pun Guru, ulun (saya) doakan. Kemudia, Guru Semman berkata kepada Abah Zaini Sekumpul, setelah Guru Bangil pulang nanti giliran aku yang pulang. “Doakan aku lah,”  kata Guru Semman kepada Abah Zaini SekumpuL. Lantas, dijawab Abah Zaini Sekumpul. “Aamiin, inggih pun, ulun doakan Guru ai,”.

Beliau adalah seorang ulama zurriyat Syaikh Muhammad Arsyad bin Abdullah Al-Banjary (Datu Kalampayan)yang menghidupkan kembali amalan-amalan serta tarekat yang diamalkan Syaikh Muhammad Arsyad bin Abdullah Al-Banjari. Karena itu, majelis pengajian yang beliau laksanakan,baik majelis ta’lim maupun majelis amaliyahnya (Majelis Maulid yang dilaksanakan rutin tiap malam Senin di Musholla Ar-Raudhah SekumpuL dan Majelis Burdah yang dilaksanakan rutin tiap malam Jumat di Musholla Ar-Raudhah Sekumpul), adalah seperti Majelis Syaikh Abdul Qadir Jailani.

Beliau adalah satu-satunya ulama di Kalimantan bahkan se-Indonesia yang mendapat izin untuk mengijazahkan Thariqat Sammaniyyah. Karena itu, banyaklah yang datang kepada beliau untuk mengambil ijazah tersebut. Bahkan bukanhanya ijazah Thariqat Sammaniyyah, beliau juga mengijazahkan Thariqat Idrisiyyah dan Thariqat Aidarussiyyah, kepada para muridnya tak hanya dari Kalimantan, namun ada yang datang dari Pulau Jawa dan daerah lainnya.

Ini adalah ijazah yang beliau ijazahkan kepada kita semua: ,

Talqin dzikir. Dibaca sekurang-kurangnya 3x, sebanyak-banyaknya tidak terbatas dan dibaca pagi dan sore hari atau setelah shalat 5 waktu. Fadhilatnya, diberi husnul khatimah ‘indal maut. Baca’annya adalah “Laa ilaaha illallah”. Membacanya itu dengan mata tertutup dibaca sebanyak 3x sekurang-kurangnya, selebihnya tidak terbatas. Ditutup dengan bacaan serta membuka mata,

سيدنا محمد رسول اللّه

Ini adalah talqin dzikir yang diijazahkan beliau kepada kita semua. Ini didapat dari puluhan guru beliau, dari guru ke guru sampai ke Rasulullah SAW.

Taariqat Sammaniyyah. Dibaca pagi sore atau setelah shalat 5 waktu. Fadhilatnya adalah diberi ma’rifat oleh Allah Ta’ala,diberi husnul khatimah ‘indal maut, diberi rezeki yang luas yang halal lagi berkah dan dijadikan golongan wali qutub. Bacaaanya adalah Laa ilaaha illallah 166 kali, Allah 66 kali, Huw 77 kali. Selesai membaca itu,,kemudian berdoa. Yakni,  Allahummaghfir li_ummati Sayyidina Muhammad, Allahummarham ummata Sayyidina Muhammad,  Allahummastur ummata Sayyidina Muhammad, Allahummajbur ummata Sayyidina Muhammadin Shallallahu ‘alayhi wasallam.

Dibaca 4 kali berturut-turut, dan juga do’a ini dibaca setelah selesai shalat Subuh akan dicatat sebagai golongan wali qutub.

Thariqat Idrisiyyah (Habib Ahmad bin Idris). Dibaca pagi sore atau setelah selesai shalat 5 waktu. Dengan bacaannya,  Laa ilaaha illallah Muhammadur Rasulullah fiy kulli lamhatin wanafasin ‘adada maa wasi’ahu ‘ilmullah. Dibaca tiap pagi dan sore hari atau setelah shalat 5 waktu.

Thariqat Aidarusiyyah (Habib Abdullah Al-aydarus). Membacanya pagi sore atau setelah selesai shalat 5 waktu, membacanya itu 1 kali  membaca 1 kali bernafas. Bacaannya yakni Laa ilaaha illallahu Laa ilaaha illallah 12 kali.  Kemudian, Allahu allah 12 kali, dan Huw huw 12 kali. Kemudian, ditutup dengan membaca syahadat, yakni Asyhadu anlaa ilaaha illallah wa asyhadu anna MuhammadarRasulullah.

Keturunan Datu Kalampayan

Guru Sekumpul adalah seorang zuriat Syaikh Muhammad Arsyad bin Abdullah Al-Banjary (Datu Kalampayan)dan juga beliau zuriat Rasulullah SAW, karena Datu Kalampayan itu turunan dari Sayyidina Husein (cucu Rasulullah SAW). Beliau mengikuti jejak datu beliau yaitu Datu Kalampayan, yang pernah tinggal di Keraton Martapura kemudian pindah membuka perkampungan baru di Dalam Pagar. Begitupula beliau tinggal di Keraton Martapura, kemudian hijrah ke Sekumul, membuka komplek perumahan yang dikenal dengan Komplek arRaudhah atau dalam Regol, yang kemudian meluas ke sekelilingnya sehingga terbentuk  Gang Taufik, Gang Mahabbah, Gang Bersama dan lainnya.

Di Mushalla Ar-Raudhah inilah, beliau mengajar dan membawa jamaah dalam beribadah dan mengamalkan apa-apa yang dikaji atau dikerjakan beliau, baik majelis ta’lim dan majelis Maulid beliau yang rutin dilaksanakan tiap malam Senin dan majelis Burdah tiap malam Jum’at di Mushalla Ar-Raudhah Sekumpul.

Sebagian Karomah Guru Sekumpul

Ketika beliau masih tinggal di Keraton Martapura, di mana biasanya setelah selesai pengajian atau pembacaan maulid, beliau berbincang-bincang dengan beberapa orang murid yang masih belum pulang sambil bercerita tentang orang-orang saleh dahulu. Isi cerita dari beliau untuk dapat diambil pelajaran dalam meningkatkan amaliyah dan mengharap berkah.

Tiba-tiba ada murid beliau yang bercerita tentang buah rambutan yang pada waktu itu masih belum musimnya. Beliau mendengar itu, maka beliau mengacungkan tangan beliau ke belakang dan kemudian tampak di tangan beliau sebiji buah rambutan yang masak. Terkejutlah murid beliau pada saat itu. Kemudian buah rambutan itu langsung beliau makan. Kata beliau,inilah anugerah Allah Ta’ala.

Lalu, pada suatu musim kemarau yang panjang,di mana hujan sudah lama tidak turun sehingga sumur-sumur sudah hampir mengering, maka cemaslah masyarakat ketika itu dan mengharap hujan turun. Melihat hal yang demikian, banyak orang yang datang kepada beliau mohon minta doa agar hujan segera turun. Kemudian beliau keluar rumah dan menuju ke sebuah pohon pisang yang berada di dekat rumah beliau. Lalu beliau goyang-goyangkan pohon pisang itu dan tidak lama kemudian hujan pun turun dengan derasnya.

Lalu, sewaktu pengajian dirumah paman beliau (KH .Muhammad Semman bin H Mulya atau Guru Semman atau Guru Padang), beliau disuruh sang paman untuk mengisi air minum ke gelas untuk jamuan orang yangg hadir di pengajian paman beliau itu. Air minum yang disediakan cuma 1 termos (cirat) saja, dan itu bisa cukup untuk 10 orang. Sementara, orang yang hadir ada ratusan. Beliau tuangkan terus air minum itu ke gelas, bahkan semua yang hadir dapat air minum, itu pun air minumnya masih ada sisa yang cukup banyak.

Sewaktu Habib Anis bin Alwi Alhabsyi (cucu dari Shohibul Maulid Al-Habsy) berkunjung ke rumah beliau di SekumpuL, Habib Anis mau makan buah durian, padahal saat itu belum musim buah durian. Kata Habib Anis:  Ya, Zaini…saya mau durian nih, entah kenapa hati bergeretek mau makan durian. Lalu dijawab Abah Zaini Sekumpul. “Inggih pun Bib, duriannya ada pian (di belakang Habib Anis). Kemudian beliau makan durian itu bersama Habib Anis.

Wasiat Abah Guru Sekumpul

  1. Menghormati ulama dan dzurriyatnya Rasulullah saw.
  2. Baik sangka
  3. Murah diri
  4. Murah harta
  5. Manis muka
  6. Jangan bakhil (kikir)
  7. Pemurah
  8. Jangan menyakiti orang
  9. Memaafkan kesalahan orang
  10. Jangan tamak (thoma), tapi syukuri apa yang ada
  11. Jangan merasa baik/hebat kepada orang lain
  12. Tuntutlah ilmu kemudian amalkan sekalipun sedikit.

Dari istri-istri beliau, satu d iantaranya telah melahirkan dua  orang putra sebagai penerus ayahnya yang bernama Muhammad Amin Badali dan Ahmad Hafi Badali.

Beberapa Risalah yang Ditulis Abah Guru Sekumpul

  1. Risalah Mubarokah
  2. Manaqib Sayyid Muhammad bin Abdul Karim As-Samman Al-Madani
  3. Risalah Nuraniyyah fiy syarhit tawassulaatis Sammaniyyah
  4. Nabdzah min manaqibil imamil masyhur bil ustadzil a’dzam Muhammad bin Ali Ba’alawi.

Beliau wafat pada hari Subuh Rabu jam 05.10 Wita bertepatan dengan 5 Rajab 1426 Hatau 10 Agustus 2005 M. Beliau dimakamkan di samping Musholla Ar-Raudhah tepat waktu azan Ashar di samping makam paman beliau Guru Semman Mulya (Guru Padang) dan juga di samping sepupu beliau, Guru Salman Jalil, tepatnya berada di tengah pusara orang-orang mulia tersebut.

Demikianlah sebagian manaqib Al’aalimul Fadhil al’aalimul ‘allaamah Al’arif billah Assyaikh Alhajj Muhammad Zaini bin Abdul Ghani Al-Banjary. Mudah-mudahan kita semua dapat berkah dari beliau, diampuni segala dosa,dikabulkan segala hajat, dikumpulkan didalam surga bersama Rasulullah SAW dan juga bersama Abah Zaini Sekumpul. Amiin…!!!

Dikutip dari manaqib yang dikarang oleh KH Muhammad Hudhari Al-Banjari bin Hasanah binti KH Abdullah Khatib bin H Muhammad Shaleh bin Khalifah Hasanuddin bin Maulana Syaikh Muhammad Arsyad Al-Banjary.(jejakrekam)

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.