Jaga Rasa Damai Banua, Pemuda Lintas Agama Teguhkan Komitmen Bersama

0

FORUM Komunikasi Pemuda Antar Iman (FKPAI) Kalimantan Selatan bersama Lembaga Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan (LK3) Banjarmasin menghelat refleksi awal tahun 2018 di Gedung Balairung Sari, Taman Budaya Provinsi Kalsel, Rabu (21/3/2018) malam.

REFLEKSI awal tahun itu diisi dengan suguhan tari kreasi, orasi kebangsaan, pembacan puisi, musikalisasi puisi dan pertunjukan teater bertajuk Beragam Banuaku, Harmoni Indonesia.

“Kegiatan refleksi awal tahun pemuda antar iman ini  merupakan agenda rutin yang digelar FKPAI Kalsel. Kegiatan ini sudah kelima, setelah dimulai pada 2013 silam,” ucap Ketua Pelaksana Refleksi Awal Tahun 2018 Pemuda Antar Iman, Laili Rakhmawati.

Melalui acara yang diikuti para pemuda lintas agama di Kalsel, Laili berharap komtmen pemuda di Kalsel untuk terus mengkampanyekan isu keberagaman, toleransi dan perdamaian.  Sedikitnya, ada 50 pemuda berbagai organisasi keagamaan di Kalsel mengikuti acara seni dan orasi kebangsaan itu.

“Pelaksanaan kali ini digelar pada Maret yang termasuk dalam triwulan I tahun 2018. Ini berarti masuk awal tahun,” ucap mahasiswi Fakultas Ushuluddin UIN Antasari Banjarmasin ini.

Senada Laili, Koordinator Pemuda LK3 Banjarmasin Muhammad Isa Azhari mengaku bangga karena sejak 2013, pemuda lintas agama yang ada di Kalsel bahu membahu menjaga toleransi dan semangat kebangsaan, sehingga Banua tetap damai dan aman.

“Refleksi ini untuk meneguhkan komitmen bersama di tengah berbagai macam aksi yang mengoyak rasa persatuan dan kesatuan kita sebagai sebuah bangsa besar. Kami mengingatkan seluruh umat beragama agar tak mudah terpengaruh ideologi yang bisa mengancam keberagaman yang ada,” tutur Isa.

Sementara itu, Ketua Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kalsel,  DR  H Mirhan AM juga berpesan agar kalangan pemuda antar iman bisa terus menjaga dan menyebar perdamaian. “Jaga terus perdamaian yang ada di Banua. Sebab, bangsa Indonesia dikenal sebagai bangsa yang damai dan tinggi toleransinya,” imbuh dosen UIN Antasari Banjarmasin ini.(jejakrekam)

 

 

Penulis Ahmad Husaini
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.