Para Pengupas Kulit Bawang di Pasar Harum Manis Makin Sibuk

0

SEIRING dengan meningkatnya permintaan bawang merah dan bawang putih selama bulan Rajab 1439 Hijriyah pada Maret-April 2018, kesibukan makin bertambah para perempuan pengupas kulit bawang di Pasar Harum Manis.

BERSAMA tujuh rekannya, Zakiyah (25 tahun) mengakui saat memasuki perayaan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW dan berlanjut hingga jelang Ramadhan 1439 Hijriyah, pasokan bawang merah dan bawang mutih makin meningkat di pasar grosir dan eceran di Jalan Pasar Baru, Kelurahan Kertak Baru Ilir, Kecamatan Banjarmasin Tengah.

“Hampir lima tahun saya bekerja sebagai pengupas kulit bawang di Pasar Harum Manis. Biasanya tiap hari kami mengerjakan satu karung bawang merah ukuran 100 kilogram dibagi dua dengan teman,” ucap Zakiyah kepada jejakrekam.com, Selasa (20/3/2018).

Untuk upah mengupas kulit bawang, Zakiyah dan kawan-kawan diupah Rp 600 per kilogram. Nah, jika selesai mengupas kulit, warga Pekapuran Laut Banjarmasin mendapat upah Rp 60 ribu. Dibagi dua dengan temannya, berarti Zakiyah bisa membawa pulang uang Rp 30 ribu yang diberikan sang juragan bawang.

Beda lagi dengan Ramlah (34 tahun). Perempuan ini bertugas mengupas kulit bawang putih di Pasar Harum Manis. Semakin banyak bawang putih dikupas, maka pundi-pundi pun mengalir ke kantong Ramlah juga bertambah.

“Alhamdulillah, tiap hari kalau banyak kulit bawang putih yang dikupas, saya bisa bawa pulang uang Rp 50 ribu. Ya, daripada berdiam diri di rumah, lebih baik bekerja di sini,” ucap Ramlah. Apalagi, sang suami juga bekerja sebagai buruh angkut di kawasan Pasar Harum Manis. “Terpenting, pekerjaan ini halal,” katanya.

Mansyah (56 tahun), buruh angkut barang di Pasar Harum Manis pun mengaku pasokan bawang merah dan putih cukup banyak yang diangkut dari Pulau Jawa, Bali dan Bima, Nusa Tenggara Barat.

“Kami biasanya mengangkut banyak barang sembako, bukan hanya bawang merah dan putih. Atau mengantarkan barang pesanan dengan gerobak, tergantung permintaan pemilik barang mau diantar ke mana,” kata warga Kelayan A Gang 12, Kecamatan Banjarmasin Selatan.(jejakrekam3

 

Penulis Sirajuddin
Editor Ddi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.