Gang Penghulu Pekapuran Laut pun Disulap Lebih Meriah

0

GELIAT kampung warna-warni mulai menyapa pelosok Banjarmasin. Jika pada pertengahan November 2017 lalu, wajah Gang Kalimantan I RT 10, Kelurahan Belitung Utara, Kecamatan Banjarmasin Barat dipoles dengan seni mural beraneka ragam tema, kini giliran warga Gang Penghulu, Kelurahan Pekapuran Laut, Kecamatan Banjarmasin Tengah.

ANTUSIASME warga untuk mempermak wajah gang dengan seni lukis dan warna-warni pun sangat tinggi. Terbukti, para ibu dan bapak, pemuda hingga anak-anak bergotong royong memoles gangnya dengan gambar-gambar menarik.

Pengecatan jalan gang beton itu pun sudah dilakoni selama lima hari lalu. Dipastikan, pada Minggu (18/3/2018) sudah selesai. Apalagi, yang mengerjakan pola gambar dilakukan banyak orang. Jadilah, seni mural ini tampak menyenangkan. Dengan cat warna-warni yang berasal dari kocek warga berurunan, Gang Penghulu pun tampak meriah.

“Pengecatan jalan gang dan dinding sengaja kami lakukan agar terlihat bersih dan nyaman. Pengerjaan jalan ini kami lakukan dengan swadaya masyarakat, agar bisa mempererat tali silaturahmi,” ucap sang inisiator, Sarufudin kepada jejakrekam.com, Minggu (18/3/2018).

Dukungan kreativitas warga Gang Penghulu itu pun disuarakan Taufik. Ketua RT 14 Kelurahan Pekapuran Laut ini mengaku setuju dengan inisiatif warga untuk melukis jalan gang agar terlihat lebih bersih dan menarik.

Untuk menyelesaikan jalan gang sepanjang 350 meter dengan lebar 2,5 meter, warga Gang Penghulu pun menghabiskan 12 kaleng cat air dengan berat 20 kilogram. Butuh waktu hampir sepekan untuk memoles gang dengan motif-motif gambar bunga, tawon, Hello Kity, Winnie the Poh serta tokoh-tokoh kartun lainnya.

“Saya berharap kegiatan semacam ini bisa menjadi contoh gang lain. Jadi, Kota Banjarmasin akan terlihat bersih dan nyaman, sehingga kesan kumuh dan jelek akan menjauh. Kreativitas warga semacam ini patut didukung dan dicontoh,” kata Taufik.(jejakrekam)

 

Penulis Arpawi
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.