Kalsel Kuat dalam Ketahanan Pangan di Seluruh Indonesia

0

KALSEL termasuk provinsi di Indonesia yang ketahanan pangannya tidak bermasalah. Ketersediaan pangan, seperti padi, beras, kacang, singkong, dan buah-buahan berlimpah ruah.

KETERSEDIAAN pangan diinformasikan juru bicara Komisi II DPRD Kalsel Danu Ismadi Saderi pada penyampaian penjelasan Rancangan Peraturan daerah (Raperda) Penguatan Ketahanan Pangan di Kalsel.

Begitu pula, lanjutnya, ketersediaan pangan hewani tak berbeda jauh dengan pangan nabati.

“Situasi ketahanan pangan yang kondusif dan terjaga tersebut tidak bisa lepas dari kebijakan yang diluncurkan pemerintah daerah, melalui berbagai program kegiatannya, sehingga masyarakat Kalsel tidak mengalami kondisi rawan pangan,” kata Danu.

Namun, bebernya, tentu saja masih banyak kekurangan-kekurangan yang perlu untuk diberikan dorongan sehingga permasalahan ketahanan pangan merupakan hal yang sangat mendasar dalam rangka mewujudkan pembangunan manusi yang berkualitas, mandiri, dan sejahtera dapat terwujud.

Selain itu, lanjutnya, melalui koordinas lintas sektor pemerintah daerah dan pemangku kepentingan melalui berbagai kebijakan program dan kegiatan, yang tercermin dari berbagai kebijakan program dan kegiatan yang tercermin dari tersedianya pangan yang cukup, baik jumlah maupun mutu yang aman, merata, dan terjangkau.

“Untuk itu, Komisi II DPRD Kalsel menganggap perlu untuk membentuk Perda Penguatan Ketahanan Pangan sebagai inisiatif kami untuk disampaikan dalam rapat paripurna dewan,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Ipik.Gandamana
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.