Sengketa Pilkada Tabalong 2018 Belum Selesai

TAHAPAN Musyawarah Penyelesaian Sengketa Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tabalong tahun 2018 sudah memasuki tahap penyampaian kesimpulan.

USAI menyampaikan kesimpulan masing-masing, pimpinan musyawarah menawarkan apakah ada kesepakatan di antara kedua belah pihak terkait permasalahan yang mereka hadapi, namun masing-masing pihak masih pada pendiriannya.

Pimpinan Musyawarah Penyelesaian Sengketa Pilkada Tabalong tahun 2018 Ardiansyah mengatakan, karena tidak ada kesepakatan di kedua belah pihak,  maka musyawarah akan dilanjutkan dengan pembacaan putusan musyawarah.

“Karena tidak ada kesepakatan pada hari ini, maka wewenang ada pada Panwaslu Kabupaten Tabalong untuk mengambil keputusan,” ujar Ardiansyah usai memimpin Musyawarah Penyelesaian Sengketa Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tabalong tahun 2018, Selasa (27/2/2018).

Hal ini sesuai dengan wewenang yang diserahkan oleh kedua belah pihak pada pimpinan musyawarah dan juga sesuai dengan undang-undang.

Ia mengatakan, pihaknya selaku pimpinan musyawarah akan akan melakukan pleno terkait pengambilan keputusan tersebut.

Terkait prosedural atau SOP musyawarah penyelesaian sengketa, setelah penyampaian kesimpulan, kedua belah pihak ditawarkan apakah ada kesepakatan dengan permohonan pemohon atau dengan tanggapan termohon.

Alfamart 300×250

Karena kedua belah pihak masih pada pendiriannya masing-masing,  maka agenda selanjutnya adalah pembacaan putusan oleh pimpinan musyawarah.

“Seandainya kedua belah pihak ada kesepakatan, maka tidak ada lagi  putusan dari panwaslu selaku pimpinan musyawarah. Dan kami akan menuangkan kesepkatan tersebut melalui berita acara musyawarah kesepakatan,” ujarnya.

Namun karena tidak ada titik temu atas sengketa ini, maka pihaknya akan melaksanakan ajudikasi dengan mengambil keputusan.

“Pembacaan keputusan akan kami laksanakan pada musyawarah selanjutnya pada Kamis, tanggal 1 Maret 2018 pada pukul 16.00 Wita,” ujarnya.(jejakrekam)

Penulis : Herry

Editor : Andi Oktaviani

Foto : Herry

Anda mungkin juga berminat
Loading...

Sengketa Pilkada Tabalong 2018 Belum Selesai