20 Tahun Sepi, Kejuaraan Drag Bike Dihelat di Banjarmasin

LEBIH dari 20 tahun, tak pernah dihelat kejuaraan drag bike di Banjarmasin. Drag bike adalah kejuaraan mengendarai sepeda motor yang telah dimodifikasi atau diutak-atik dengan kecepatan tinggi dalam sebuah lintasan pacu aspal yang tertutup dengan dua jalur lurus sejajar dan panjang yang sama.

UNTUK menyalurkan bakat otomatif dan ‘ngebut’, Drag Bike Championship 2018 dihelat Polresta Banjarmasin di Jalan Sudirman. Start dimulai di depan Hotel Batung Batulis, dan berakhir di kawasan eks Kantor Bappeda Kalsel.

Antusiasme penonton pun tinggi. Terbukti, ratusan warga menyaksikan kejuaraan yang dipusatkan di kawasan Siring Sudirman. “Selama ini, kejuaraan drag bike ini digelar di Banjarbaru dan Tanah Laut. Kali ini, kita gelar di Banjarmasin, karena hampir 20 tahun tidak diselenggarakan kejuaraan semacam ini,” kata Kapolresta Banjarmasin, Kombes Pol Anjar Wicaksana kepada wartawan, Sabtu (24/2/2018).

Ia mengatakan dengan ajang balapan resmi semacam ini, tentu bakat-bakat para anak muda bisa tersalurkan. “Mereka tidak lagi balapan liar di jalan raya. Apalagi, Walikota Banjarmasin Ibnu Sina juga turut mengeluh, karena balapan liar ternyata dilakukan di depan rumah beliau,” ucap Anjar.

Mantan Direktur Reskrimum Polda Kalsel ini mengungkapkan para peserta, sebelum mengikuti kejuaraan terbuka ini terlebih dulu dites urine agar benar-benar bebas narkoba. “Jadi, saat perlombaan bisa lebih berkonsentrasi,” kata Anjar.

Iklan Samping 300×250

Awalnya, jumlah peserta Drag Bike Championship 2018 ini dibatasi hanya 350 peserta, ternyata membludak hingga 400 orang. Mereka berasal dari perwakilan 13 kabupaten dan kota di Kalsel. “Ini menandakan animo kejuaraan drag bike cukup tinggi di Kalsel. Makanya, perlombaan ini digelar dua hari sejak Sabtu (24/2/2018) hingga Minggu (25/2/2018),” pungkas Kapolres Banjarmasin ini.

Kejuaraan drag bike dengan panjang lintasan pacu 500 meter ini pun dibuka langsung Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor. Dia memastikan akan menjadi kejuaraan ini menjadi even tahunan. “Jadi, bisa memberi ruang bagi anak muda di Kalsel dalam menyalurkan bakatnya. Tentu mereka harus diarahkan ke kegiatan positif, agar terhindar dari bahaya narkoba,” ucap Sahbirin Noor.

Aturan main pun para peserta kejuaraan drag bike, diberi tempo waktu 10 detik untuk menguber gas dari garis start hingga ke finish. Rencananya, Minggu (25/2/2018), para drag biker ini akan memperebutkan posisi puncak demi memperebutkan hadiah uang puluhan juta.(jejakrekam)

Penulis : Asyikin

Editor   : Fahriza

Foto      : Asyikin

 

Anda mungkin juga berminat
Loading...